Video 20Detik

Sentilan Jokowi untuk Polri: Sowan ke Ormas Hingga soal Investasi

detikTV, dtv - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 11:59 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kinerja Polri dalam memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Tahun 2021 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12). Pertama, kapolda hingga kapolres yang sowan ke sesepuh ormas yang sering bikin keributan.

"Saya kadang-kadang, saya sudah lama sekali ingin menyampaikan. Ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Bener ini?" kata Jokowi.

"Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," tutur Jokowi.

Jokowi selanjutnya mengancam akan mencopot kapolda yang tak bisa mengawal investasi.

"Saya hanya ingin titip pada jajaran Porli dari pusat sampai daerah, kawal dan jaga betul yang namanya investasi karena kunci kita disini bukan di APBN supaya tau APBN itu hanya mempengaruhi kurang lebih 18-15% dari pertumbuhan ekonomi yang kita miliki, jangan keliru, artinya apa 85% perputaran uang pertumbuhan ekonomi itu ada di swasta dan BUMN" ujar Jokowi.

"Investasi yang sudah ada, investasi yang baru berproses maupun investasi yang baru datang jaga dan saya sudah titip ke Kapolri kapolda yang tidak bisa menjaga sama diperingatkan kalau memang sulit nggak bisa mengawal nggak bisa menyelesaikan yang berkaitan dengan agenda besar negara kita ya maaf, saya memang nggak bisa ngomong keras ngomong tetapi, nggak bisa dia, ganti" tambah Jokowi.

(/)