Video 20Detik

Aksi Teatrikal LBH Jakarta dan 19 Warga Gugat Jokowi Gegara Pinjol

detikTV, detikTV - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 16:12 WIB
Jakarta -

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta bersama 19 warga korban pinjaman online (pinjol) menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal Ini dilakukan karena pemerintah dan lembaga negara tidak kunjung merespons pembuatan regulasi soal pinjaman online.

Selain Jokowi dan Ma'ruf Amin, pejabat lainnya yang digugat di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang dinilai bertanggung jawab terhadap mekanisme pendaftaran aplikasi pinjol. Kemudian Ketua DPR Puan Maharani, yang dinilai bertanggung jawab terhadap kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Presiden, Wakil Presiden, dan menteri.

"Yang terakhir yang juga pasti harus digugat adalah Ketua Otoritas, Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan, yang harusnya memiliki kewenangan penuh terhadap mekanisme penyelenggaraan pinjaman online di Indonesia dan mengatur seluruh regulasi terkait dengan penyelenggaraan bisnis pinjaman online di Indonesia," kata kuasa hukum penggugat Jeanny Sirait di PN Jakarta Pusat, Jumat (12/11/2021).

Jeanny menyebut 19 warga penggugat ini bukan hanya terdiri atas korban pinjaman online. Menurut Jeanny, ada juga dari beberapa warga seperti dari komunitas masyarakat miskin kota, komunitas disabilitas, konfederasi buruh, mahasiswa, tokoh agama, dan pemerhati hak perempuan.

(/)