Video 20Detik

Viral Diduga TKA China Kuliti Buaya, BKSDA Sultra Turun Tangan

detikTV - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 14:18 WIB
Viral buaya dibunuh dan dikuliti di Konawe, Sultra.
Foto: Viral buaya dibunuh dan dikuliti di Konawe, Sultra. (Antara)
Konawe -

Viral seekor buaya dikuliti dan diduga dimasak oleh tenaga kerja asing (TKA) di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra mengkonfirmasi kejadian tersebut dan sudah mengerahkan tim untuk investigasi.

"Rencana hari ini akan dipanggil pihak yang mengetahui hal itu (buaya dikuliti TKA) untuk dimintai keterangan. Setelah itu kami serahkan ke balai Gakkum untuk proses hukumnya," kata Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida, Rabu (26/8/2021).

Laode mengungkapkan, mayat buaya secara utuh sudah tidak ditemukan di lokasi kejadian tempat buaya dikuliti. Selain jejak darah buaya, tim menemukan beberapa sisa daging buaya yang sudah dimasak.

"Kalau unsur kesengajaan maksimal penjara 5 tahun, sesuai dengan UU No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem," tegasnya.

Informasi di lokasi, seekor buaya masuk selokan dalam keadaan lemas. Ada kemungkinan karena limbah pabrik. Selanjutnya, sejumlah WNA menguliti buaya tersebut. Videonya beredar di media sosial.

(/)