Video 20Detik

Momen Jokowi Jajal LRT Jabodebek: Keretanya Halus, Nyaman Sekali

detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 10:48 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya meninjau perkembangan pembangunan LRT Jabodebek. Jokowi juga berkesempatan menjajal kereta buatan anak bangsa tersebut.

"Tadi saya sudah mencoba LRT yg ini 100% dikerjakan oleh PT INKA yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI," ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Jokowi mengaku nyaman sepanjang perjalanan. Hal itu ia ungkapkan saat memberikan keterangan pers, usai menaiki LRT tersebut dari Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

"Keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat dikatakan tanpa suara nyaman sekali," katanya.

Jokowi menyebut progres pembangunan LRT telah mencapai 84,7%. Sementara, target pengoperasian direncanakan bisa dimulai pada Juni 2022.

"Kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai ujicoba. Dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022,", imbuhnya.

Progres pembangunan sat ini mencakup pekerjaan penyambungan lintasan dan pembangunan fisik stasiun. Selain pekerjaan fisik, sudah adapula 25 trainset yang telah terparkir di sepanjang jalur lintas pelayanan I.

Proyek LRT Jabodebek sudah dimulai sejak September 2015. Diproyeksikan, kereta itu bisa mengangkut 180.000 penumpang pada tahun pertama beroperasi.

(/)