Video 20Detik

Habib Rizieq Mengeluh Lelah: Saya Capek, Suasana Penjara Panas!

detikTV - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 20:58 WIB
Jakarta Timur -

Dalam sidang kasus kerumunan hari ini, Kamis (6/5/2021), Habib Rizieq Shihab (HRS) meminta majelis hakim mengundur agenda pemeriksaan dirinya selaku terdakwa lantaran merasa lelah. Rizieq curhat tentang panasnya suasana di penjara.

Awalnya, Habib Rizieq memohon ke hakim agar diberi waktu menghadirkan saksi ahli lagi pada sidang selanjutnya. Permohonan itu diajukan lantaran hakim ingin melanjutkan sidang pada Senin (10/5) mendatang dengan agenda tuntutan, dan hari ini setelah pemeriksaan ahli a de charge Habib Rizieq, sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan terdakwa.

"Saya selaku terdakwa memohon, untuk menghadirkan saksi ahli karena ini menyangkut nasib saya. Karena jaksa ya dia seperti yang dikatakan pengacara saya, tinggal nuntut-nuntut saja, kan yang dipenjara saya. Jadi saya minta mohon diberikan waktu yang luas untuk menghadirkan saksi ahli, (saksi ahli) yang disediakan jaksa penuntut umum waktu kemarin kami ragu independensinya," kata Habib Rizieq di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (6/5/2021).

HRS mengaku siap jika sidang digelar marathon 2 kali sehari. Juga menyampaikan keberatan pemeriksaan terdakwa hari ini. Habib Rizieq kemudian menceritakan keadaan di penjara.

"Kedua, bahwa hari ini terus terang saya sangat lelah, saya sangat capek karena semalam tidak bisa tidur, panas sekali suasana di penjara sana, jadi untuk pemeriksaan terdakwa, saya tidak bersedia kalau dilakukan hari ini. Tapi kalau dilakukan Senin atau setelah lebaran, siap sekaligus pemeriksaan saksi ahli. Sekali lagi saya mohon kearifan dan kebijakan Yang Mulia," kata Habib Rizieq.

Majelis hakim kemudian memberikan kesempatan untuk Habib Rizieq menghadirkan saksi ahli pada sidang berikutnya, yakni Senin (10/5). Sidang nantinya beragendakan pemeriksaan ahli a de charge, pemeriksaan terdakwa untuk perkara kerumunan Megamendung, dan pembacaan tuntutan perkara kerumunan Petamburan.

(/)