Video 20Detik

Suasana Demo Massa Beratribut HMI di Balai Kota Jakarta

detikTV - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 15:43 WIB
Jakarta -

Massa mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) menggelar aksi unjuk rasa ke Balai Kota DKI Jakarta. Mereka mendesak agar Anies Baswedan ditangkap KPK.

Peserta demonstrasi membawa sejumlah atribut. Tampak spanduk bertinta merah bertuliskan 'HMI MPO Se-Jakarta Bersatu Mendesak KPK Tangkap Anies. HMI MPO Siap antar ke KPK'.

"Hari ini kawan-kawan HMI, majelis penyelamat organisasi (MPO) se-cabang Jakarta mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota untuk mendesak KPK agar segera tangkap Anies," kata Ketum HMI MPO Cabang Jakarta, Irfan Maftuh, Selasa (6/4/2021).

"Karena menurut kajian-kajian dan analisa yang kami kaji selama ini, bahwa Gubernur DKI Jakarta banyak mempunyai kasus-kasus yang saat ini belum dibongkar oleh KPK. Maka hari ini kami HMI MPO Cabang Jakarta dan Jaksel, yang tergabung di cabang se-Jakarta untuk segera turun ke lapangan dengan tuntutan yang pertama kasus DP 0 perumahan DP 0 persen, kedua kasus TGUPP, ketiga kasus lahan tanah GOR, dan lain-lain," lanjutnya.

Bantahan HMI MPO

Sebelumnya, Pengurus Besar HMI MPO membantah bahwa aksi itu atas nama oraganisasinya. Dia mengatakan pimpinan tidak ada yang menggelar aksi itu.

"Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut," kata Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail, Senin (5/3).

(/)