Video 20Detik

Rekaman Aksi Penaruh Bom Jelang Rusuh di Gedung Capitol AS

detikTV, dtv - detikNews
Rabu, 10 Mar 2021 10:11 WIB
Jakarta -

FBI merilis video CCTV yang merekam aksi seseorang yang diduga memasang bom pipa di markas besar Komite Nasional Republik (RNC) dan Komite Nasional Demokrat (DNC), sebelum kerusuhan terjadi di Gedung Capitol, 5 Januari lalu. FBI sengaja merilis video tersebut agar masyarakat dapat membantu upaya pencarian pelaku.

Terduga pelaku terekam menggunakan kaos abu-abu, dan menutup wajahnya dengan masker dan kacamata. Hampir seluruh pergerakannya terekam CCTV yang ada di sekitar gedung RNC dan DNC.

Dari penelusuran FBI, bom pipa diletakkan antara pukul 19.30 dan 20.30 waktu setempat. Namun, bom tersebut tidak sempat meledak karena lebih dulu dijinakkan aparat.

FBI meyakini melalui video yang disebar menjadi akses bagi masyarakat untuk mengidentifikasi pelaku. Oleh karena itu, FBI menyerukan kepada publik untuk turut menonton dan memberikan informasi apa pun yang bisa membantu penangkapan.

"FBI meminta publik untuk menonton video orang ini. Anda mungkin mengenali gaya berjalan, bahasa tubuh, atau tingkah lakunya," pinta perwakilan FBI, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (10/3/2021).

(/)