Video 20Detik

Titik-titik Rawan Gempa di Indonesia yang Perlu Diwaspadai

detikTV - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 10:08 WIB
Jakarta -

Rentetan bencana alam terjadi di awal tahun 2021. Tak terkecuali gempa bumi yang melanda sejumlah wilayah. Berdasarkan keterangan dari Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, potensi gempa bumi hampir merata di seluruh Indonesia.

"Untuk potensi gempa bumi itu hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Kecuali relatif paling stabil, relatif, ya. Paling stabil terhadap gempa itu di Pulau Kalimantan. Pulau lainnya, Sumatra, Jawa, sampai Nusa Tenggara termasuk Bali sampai Nusa Tenggara. Kemudian Sulawesi, apalagi Sulawesi saat ini sedang aktif-aktifnya. Kemudian Maluku, itu juga sedang aktif-aktifnya. Papua itu wilayah yang rawan gempa bumi," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut, Dwikorita pun memaparkan titik-titik rawan gempa yang ada di Indonesia. "Untuk Sumatra terutama potensi gempa megathrust, itu artinya gempa dengan kekuatan yang mega, yang kuat di atas M 7, bahkan bisa sampai di atas M 8, M 9. Itu yang berpotensi di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Juga di Selat Sunda. Juga di Samudra Hindia Selatan Bali. Juga di Sulawesi Utara. Di Laut Maluku. Di Samudra Pasifik Utara Papua. Dan juga di Laut Banda. Itu tadi gempa-gempa yang terjadi laut."

"Sesar aktif Lembang di Jawa Barat. Kemudian Sesar Matano di Sulawesi Tengah. Sesar Sorong di Papua Barat. Dan juga Sesar Segmen Aceh. Namun sebetulnya, sesar-sesar aktif itu ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Di setiap pulau itu ada, di pulau-pulau besar. Tapi yang kami monitor gejalanya meningkat aktivitasnya adalah di patahan-patahan atau sesar-sesar tadi," sambungnya.

Mengingat gempa bumi masih belum bisa diprediksi, masyarakat pun diminta untuk lebih waspada. Terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan gempa.

(/)