Sosialisasi Covid-19, Polisi Imbau Ponpes di Tangerang Jaga Jarak saat Ibadah

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 15:20 WIB
Polisi sosialisasi Covid-19 ke pondok pesatren di Tangerang
Foto: Polisi sosialisasi Covid-19 ke pondok pesatren di Tangerang (dok.istimewa)
Tangerang -

Aparat Polresta Tangerang terus menyambangi Pondok Pesantren Nurul Huda Al Barmawiyah di Cikupa, Kabupaten Tangerang. Polisi memberikan imbauan kepada pihak pondok pesantren untuk menjaga jarak dalam melakukan kegiatan keagamaan di dalam pondok.

"Kami mengimbau ke pihak pondok pesantren, apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Jumat (27/3/2020).

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik. Dia mendorong masyarakat meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah.

"Dan jangan melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan," terang dia.

Sosialisasi Covid-19, Polisi Imbau Ponpes di Tangerang Jaga Jarak saat IbadahFoto: Polresta Tangerang berikan bantun kompor gas ke pesantren (dok.istimewa)



Ia menambahkan, masyarakat juga diimbau agar tidak terpengaruh atau menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya, kata Ade, maka masyarakat dapat menghubungi kepolisian setempat untuk memverifikasi informasi.

"Prinsipnya mari bersama mencegah sebaran penyakit dan meningkatkan kepedulian kepada sesama," imbuh Ade.

Dalam kesempatan itu, Polresta Tangerang juga memberikan bantuan berupa 4 kompor gas kepada santri di pondok pesantren tersebut.

"Bantuan kompor guna mendorong masyarakat dalam hal ini komunitas pesantren untuk tetap di rumah dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit dan untuk membantu meringankan beban," pungkas Ade.

Tips Cegah Infeksi Corona untuk Orang dengan Riwayat Jantung-Kanker:

(mei/mea)