DetikNews
Selasa 10 Mei 2011, 09:24 WIB

Komisi VIII Gelar Rapat Bahas Longsor Garut

Jurnal Parlemen - detikNews
Jakarta - Seperti biasa, ketika ada bencana, Komisi VIII mengunjungi lokasi bencana dan juga korban.
Komisi VIII DPR RI, Selasa (10/5) ini akan menggelar rapat pimpinan (rapim) dan rapat internal komisi. Dalam rapat tersebut, rencana kerja komisi selama Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2010-2011 akan dibahas. Tak ketinggalan, rencana kunker ke daerah bencana longsor di Garut, Jawa Barat.

Menurut Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Partai Demokrat Gondo Radityo Gambiro, rapat pimpinan akan digelar pukul 10.00 WIB. Sementara, rapat internal Komisi VIII akan digelar pukul 13.00 WIB.

"Salah satu pembahasan yang menjadi konsen kita adalah berkaitan dengan mitra kerja kita salah satunya bencana. Seperti pada masa-masa yang lalu, ketika ada bencana Komisi VIII mengunjunginya. Itu sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian kita sebagai anggota Komisi VIII," kata Gondo kepada Jurnalparlemen.com di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/5).

Komisi VIII, menurut politisi Partai Demokrat ini, akan mengawasi penanganan terhadap korban bencana longsor di Garut, Jawa Barat. "Saya kira pemerintah sudah tahu dan sudah paham apa yang mereka lakukan, dan mereka juga sudah punya tim. Kami tinggal mengawasi dan melihat apakah ada hal-hal yang kurang atau memang sudah keseluruhannya diupayakan maksimal oleh pemerintah. Jadi kita melakukan fungsi pengawasan," ujarnya.

Hal itu, lanjut Gondo, sudah dilakukan ketika terjadi bencana letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Gunung Bromo, Jawa Timur. Bahkan, di luar anggaran yang disediakan oleh DPR, secara pribadi anggota Komisi VIII memberikan perhatian kepada kejadian tersebut.

"Mereka ke sana meskipun bukan dapilnya (Daerah Pemilihan-red), apalagi yang di dapilnya konsen turun ke sana. Saya saja yang bukan dapilnya, waktu letusan Gunung Merapi empat kali ke sana, di luar rombongan Komisi VIII DPR RI," pungkas anggota DPR Dapil Jawa Timur I ini.
(asy/asy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed