Golkar Protes Data Pemilih Rusak

Pilkada Palembang

Golkar Protes Data Pemilih Rusak

- detikNews
Senin, 09 Jun 2008 06:07 WIB
Jakarta - DPD Partai Golkar Kota Palembang meminta kepolisian, inspektorat, pemerintah kota Palembang, serta pihak terkait lainnya, mengusut tuntas permasalahan kartu pemilih Kota Palembang. Menurut Golkar, data pemilih telah rusak.

"Kita sangat prihatin dan protes keras soal pendataan mata pilih Pilkada Palembang karena banyak kartu pemilih ganda dan tidak memilih, rusak, dan sebagainya sehingga angka golput sangat tinggi mencapai 38 persen," kata pelaksana tugas DPD Partai Golkar Palembang Sulaiman Jahri di sekretariat partai Golkar, Minggu (08/06/2008).

Menurut Sulaiman,akibat kasus ini, banyak hak-hak masyarakat dirugikan. Ini bukti nyata pekerjaan dinas catatan sipil tidak benar. "Kita minta pemkot supaya mengusut dan memecat kepala capil," katanya.

Bila pada saat proses pengusutan terdapat unsur kesengajaan, berarti di dalamnya ada unsur pidana, maka dari itu harus segera diproses. Apalagi dana untuk coklit pilkada sudah dianggarkan Rp 2,4 miliar pada APBD 2007. Sulaiman meneruskan,pihaknya segera mempertanyakan penggunaan dana tersebut melalui Fraksi Partai Golkar di DPRD Kota Palembang.

Seperti diketahui, berdasarkan penghitungan cepat dari Puskaptis dan LSI, perolehan suara pasangan Muhammad Yansuri dan Sunnah yang diusung Partai Golkar dan PAN hanya meraih suara sekitar 5-6 persen dari sekitar satu juta mata pilih.

(tw/aba)