DetikNews
Selasa 04 Maret 2008, 12:55 WIB

SBY Minta Rakyat Tidak Berobat ke Luar Negeri

- detikNews
Jakarta - Presiden SBY menyarankan masyarakat tidak perlu berobat ke luar negeri. Fasilitas kesehatan di Indonesia sudah semakin baik.

Hal ini disampaikan SBY saat menerima kunjungan peraih Nobel Kesehatan 2005 Prof Dr Barry J Marshall di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa, (4\/3\/2008).

"Presiden memandang sebaiknya tidak perlu orang ke luar negeri untuk berobat," kata Jubir Presiden Dino Patti Djalal dalam jumpa pers.

Menurut Dino, Presiden menilai fasilitas kesehatan di Indonesia semakin banyak. Kualitasnya juga semakin baik.

"Pemerintah menghargai upaya swasta membangun fasilitas kesehatan untuk masyarakat umum," lanjut Dino.

Marshall yang datang ke Indonesia atas undangan Lippo Group ini juga menjelaskan perlunya menggabungkan rumah sakit, pusat riset dan institusi pendidikan di Indonesia. Dengan demikian pasien tidak akan lari ke luar negeri.

"Pasien akan berpikir dirinya mendapat perawatan terbaik di Indonesia dan tidak usah ke luar negeri," jelasnya.

Marshall dan rekannya meraih nobel atas penemuan helicobacter pylori yaitu bakteri yang menyebabkan ganguan lambung dan infeksi perut. Profesor dari Universitas Western Australia ini juga mempelajari influenza termasuk flu burung untuk menciptakan vaksin yang diminum (non suntik).

"Kami berminat berbagi informasi dan mengembangkan hubungan komersial dengan Indonesia terkait flu burung ini," pungkasnya.


(fay/ana)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed