Polisi Gadungan Tipu 2 Warga Garut Masuk Akpol, Korban Rugi Rp 4,7 Miliar

ADVERTISEMENT

Polisi Gadungan Tipu 2 Warga Garut Masuk Akpol, Korban Rugi Rp 4,7 Miliar

Hakim Ghani - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 15:33 WIB
Barang bukti penipuan di Garut
Barang bukti kasus penipuan 2 warga Garut masuk Akpol. (Hakim Ghani/detikJabar)
Jakarta -

Dua pria asal Garut, Jawa Barat, diciduk polisi karena menipu dua warga yang dijanjikan bisa lolos Akademi Kepolisian (Akpol) dengan menyetor duit miliaran rupiah. Total kerugian dua korban disebut mencapai Rp 4,7 miliar.

Dilansir detikJabar, Jumat (18/11/2022), kedua pelaku adalah pria berinisial J dan CB. Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menjelaskan, modusnya, pelaku J mencari korban yang ingin mendaftar menjadi anggota Polri dan melakukan negosiasi dengan para korban.

"Tersangka mengetahui jika korban ingin menjadi polisi, Akpol. Tersangka kemudian datang ke rumahnya untuk menawarkan," kata Wirdhanto.

Aksi penipuan yang dilakukan J ini sistematis. Untuk meyakinkan para korbannya, J bersekongkol dengan temannya berinisial CB. Saat bersama korban, J menelepon CB, yang disebut kepada korban adalah seorang polisi berpangkat AKP, yang saat ini bertugas di Mabes Polri.

Untuk melancarkan kelulusan anak korban menjadi taruna Akpol, J dan C kemudian meminta orang tua mereka menyetor sejumlah dana.

"Selama sekitar 1 tahun, pembayaran dicicil, total kerugian dari kedua korban mencapai Rp 4,7 miliar," ungkap Wirdhanto.

Simak selengkapnya di sini.

Simak juga Video: Pura-pura Jadi Polisi, 4 Pria di Sleman Peras-Tuduh Orang Pelaku Klitih

[Gambas:Video 20detik]



(fas/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT