Hasil Rakernas PUI: Siapkan Kader di Kepemimpinan Daerah & Nasional

ADVERTISEMENT

Hasil Rakernas PUI: Siapkan Kader di Kepemimpinan Daerah & Nasional

Mega Putra Ratya - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 19:00 WIB
Persatuan Ummat Islam
Foto: Persatuan Ummat Islam
Jakarta -

DPP Persatuan Ummat Islam (PUI) telah selesai menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022. Sekretaris Majelis Syura PUI Iding Bahrudin menyampaikan para pimpinan, setelah mendengar dan menangkap masukan-masukan, ide, usulan dan solusi dari para peserta Rakernas membuat komitmen bersama yang berisi enam keputusan.

"Setelah mendengar masukan dan jawaban dari pimpinan, pembicara dan peserta Rakernas mulai awal hingga akhir, serta orasi keummatan dan kebangsaan dari Pimpinan ormas-ormas Islam, Rakernas PUI menghasilkan enam komitmen bersama," kata Iding dalam keterangannya, Minggu (13/11/2022).

Sementara itu Ketua Umum DPP PUI Nurhasan Zaidi dalam kata penutupnya mengatakan Rakernas PUI 2022 ini berjalan dengan sukses dan menghasilkan keputusan bersama.

"Semua hasil keputusan itu menggambarkan delapan perbaikan atau Ishlah al-Tsamaniyah yang merupakan pedoman amaliah PUI," jelasnya.

"Semoga hasil Rakernas PUI 2022 ini menjadi spirit baru bagi semua Pimpinan Wilayah dan Daerah agar Rencana Strategis kita bisa optimal terlaksana secara nasional," ujarnya sambil menutup Rakernas yang digelar di Savoy Homan, Bandung, Jawa Barat 12-13 November 2022 ini.

Sekjen DPP PUI Raizal Arifin yang didapuk menjadi ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara.

"Alhamdulillah acara Rakernas berjalan lancar. Semoga dari hasil keputusan Rakernas ini membuat PUI semakin maju," katanya.

Berikut enam keputusan dalam Rakernas PUI:

Komitmen Bersama
Rapat Kerja Nasional Persatuan Ummat Islam (Rakernas PUI)

Hotel Savoy Homann - Bandung, 12 November 2022

Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim dan mengharap ridlo Allah SWT berkomitmen:

1. Mematuhi seluruh pedoman dasar dan pedoman kerja yang telah ditetapkan organisasi.
2. Menjadikan Program Terpadu Pendidikan PUI sebagai program unggulan di seluruh tingkatan struktur PUI.
3. Menyelenggarakan ta'lim ishlah sebagai penguatan ruhiyah jamaah PUI dan soliditas pengurus melalui rapat-rapat pengurus.
4. Mendorong optimalisasi peran LAZ dan Wakaf PUI.
5. Berperan aktif dalam gerakan kolaborasi lintas ormas Islam dalam ukuwah islamiyah, wathoniyah, insaniyah.
6. Mendukung dan mempersiapkan kader PUI dalam kepemimpinan daerah dan nasional.

Yang ditandatangani Pimpinan Rakernas PUI, yaitu KH. Nurhasan Zaidi Ketua Umum DPP PUI, Prof. Dr. KH. Jaja Jahari Wakil Ketua MS PUI, KH Nazar Haris Wakil Ketua MS PUI, Drs. KH. M. Iding Bahrudin Sekretaris MS PUI dan H. Raizal Arifin Sekretaris Jenderal DPP PUI.

Komitmen Bersama Rakernas PUI 2022 itu pun selanjutnya ditandatangi oleh para Pimpinan Wilayah PUI seluruh Indonesia dan Pimpinan Daerah PUI se-DKI Jakarta dan Jawa Barat serta Pimpinan Badan Otonom dan Semi Otonom PUI yang hadir. Sekitar 200 peserta diketahui hadir dalam Rakernas PUI 2022 ini yang bertujuan untuk memperkuat konsolidasi dan membahas berbagai pedoman serta percepatan capaian Renstra perhimpunan PUI.

(mpr/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT