1.050 Polisi-TNI Kawal Pemindahan Makam Guru Besar Silat Kera Sakti

ADVERTISEMENT

1.050 Polisi-TNI Kawal Pemindahan Makam Guru Besar Silat Kera Sakti

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 15:50 WIB
Pemindahan makam guru besar kera sakti
Pemindahan makam guru besar Perguruan Silat Kera Sakti di Madiun, Jawa Timur. (Sugeng Harianto/detikJatim)
Madiun -

Makam guru besar perguruan silat IKS PI Kera Sakti R.Totong Kiemdarto dipindahkan hari ini. Makam tersebut dipindahkan dari Jalan Kutilang, Kelurahan Sobrah, Kota Madiun, ke Padepokan di Jalan Jalan Letjen Sutoyo, Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Proses pemindahan makam itu melibatkan 1.050 personel gabungan TNI dan Polri.

"Untuk Polres Madiun Kabupaten kita siapkan 700 personel gabungan Polri-TNI dan juga Instasi pemerintah. Karena lokasi dipindahkan di wilayah Kabupaten, di Kota Caruban," ujar Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo saat dimintai konfirmasi, seperti dilansir detikJatim, Rabu (19/10/2022).

Anton melanjutkan Satuan Lantas dikerahkan untuk mengawal kelancaran pemindahan jenazah, mulai perbatasan Madiun Kota Kabupaten di Nglames hingga Caruban. Polisi juga menerapkan rekayasa lalu lintas.

"Kita melibatkan Sat Lantas untuk mengawal jalannya pemindahan jasad pendiri perguruan silat IKS PI dari makam Sobrah ke Caruban. Kita juga telah melakukan rekayasa arus lalu lintas di Kota Caruban," kata Anton.

Sementara itu, Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono menjelaskan pengamanan diperketat saat pembongkaran makam guru besar perguruan silat IKS PI Kera Sakti R.Totong Kiemdarto. Tidak semua orang diperbolehkan masuk ke lokasi makam.

"Kita melibatkan 350 personel total dari Polri-TNI. Untuk Polri 300 dan TNI sekitar dua peleton," ungkap Suryono.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Disebut Makam Keramat, Tapi Tak Satupun yang Tau Makam Siapa?!':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT