ADVERTISEMENT

Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Warga Diimbau Jauhi Radius 3,5 Km

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 08:15 WIB
Gunung Ibu erupsi (dok PVMBG)
Gunung Ibu erupsi (Foto: dok. PVMBG)
Jakarta -

Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pagi ini. Kolom abu teramati mencapai 800 meter di atas puncak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan erupsi itu terjadi pada pukul 08.43 WIT, Selasa (2/8/2022). Erupsi terekam dengan amplitudo maksimum 2 mm.

"Terjadi #erupsi G. Ibu pada hari Selasa, 02 Agustus 2022, pukul 08.43 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi 95 detik. #PVMBG @id_magma," tulis PVMBG dalam akun Twitternya.

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ibu untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

"Masyarakat di sekitar G. Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif G. Ibu," lanjut PVMBG.

Warga yang beraktivitas di luar rumah juga disarankan menggunakan pelindung diri. Terutama saat terjadi hujan abu akibat erupsi Gunung Ibu.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," kata PVMBG.

Lihat juga video saat 'Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi 2 km':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT