Saat Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Tjahjo Kumolo Setibanya di RI

ADVERTISEMENT

Saat Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Tjahjo Kumolo Setibanya di RI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 20:08 WIB
Jokowi dan Iriana takziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi dan Iriana bertakziah ke rumah duka Tjahjo Kumolo (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru tiba di Tanah Air setelah berkunjung ke sejumlah negara selama sepekan terakhir. Setibanya di Indonesia, Jokowi langsung melakukan takziah ke rumah duka MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, yang meninggal kemarin.

Jokowi dan Iriana tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 pada Sabtu (2/7/2022) pukul 06.25 WIB. Jokowi dan rombongan tiba di Indonesia setelah menempuh perjalanan sekitar delapan jam dari Bandara Internasional Abu Dhabi, UEA.

Jokowi disambut langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istrinya Ibu Wury Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Banten Almuktabar.

Setelah itu, Jokowi didampingi Iriana langsung menuju ke rumah duka Tjahjo Kumolo di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta. Keduanya tiba pada pukul 07.22 WIB.

Jokowi dan Iriana disambut oleh istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti, beserta anak-anak Tjahjo Kumolo, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto. Jokowi dan Iriana kemudian berbincang dengan keluarga almarhum.

Jokowi juga menjelaskan kunjungannya ke rumah duka Tjahjo Kumolo. Dia memang hendak melayat Tjahjo Kumolo yang berpulang ke Rahmatullah Jumat (1/7) kemarin.

"Tiba di Tanah Air pagi ini seusai kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan, saya dan Ibu Negara langsung melayat ke rumah duka Bapak Tjahjo Kumolo yang kemarin berpulang ke Rahmatullah," kata Jokowi lewat akun Instagram resminya, Sabtu (2/7/2022).

Jokowi lalu bercerita soal pribadi Tjahjo Kumolo. Dia menyebut Tjahjo sebagai pribadi tenang dan sederhana serta tokoh teladan dan nasionalis sejati.

"Almarhum Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi dan Iriana didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani. Setelah berbincang dengan keluarga Tjahjo Kumolo, Jokowi dan Iriana berpamitan.

Simak selengkapnya cerita istri mendiang Tjahjo Kumolo di halaman berikutnya.

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Istri mendiang Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri, menceritakan momen Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo. Erni mengatakan Jokowi awalnya sempat menelepon terlebih dulu untuk mengucapkan dukacita.

Erni mengatakan Jokowi sempat menjenguk almarhum Tjahjo saat masih dirawat di rumah sakit. Jokowi, sambung Erni, sempat terkejut saat mendengar kabar almarhum Tjahjo sakit.

"Memang Pak Presiden waktu itu sudah besuk Bapak. Terus memang kaget juga. Selama ini kan Bapak ndak kelihatan sakit, ndak kelihatan sakit. Kok sekarang sakit, sakitnya begini gitu, jadi kaget," ujar Erni di rumah duka.

Erni kemudian menceritakan saat Jokowi menjenguk almarhum Tjahjo di rumah sakit. Saat itu, kondisi Tjahjo sudah berada di ruangan ICCU.

"Waktu ketemu sama Bapak, Bapak udah... maksudnya udah di ICCU, ndak dijenguk. Kadang-kadang dari jauh saja, begitu," imbuh Erni.

Erni juga mengatakan Jokowi berniat akan menjenguk almarhum Tjahjo kembali. Saat mendengar kabar almarhum Tjahjo meninggal dunia, Jokowi langsung menelepon dan menyampaikan dukacita.

"Waktu itu ya udah, Bu, nanti akan saya tengok lagi, gitu. Terus Bapak pergi kan yang ke Rusia itu, tapi begitu mendengar berita, kan kaget sekali," jelas Erni.

"Begitu mendengar kan kemarin Presiden langsung telepon saya. Bu Iriana juga telepon saya menyampaikan dukacita. Tadi begitu landing juga langsung ke sini," sambungnya.

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah. Politisi senior PDIP itu meninggal dunia pada Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB.

Tjahjo meninggal di Rumah Sakti Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Jenazah Tjahjo lalu sempat dibawa ke rumah duka di Widya Candra dan disalatkan di Masjid KemenPAN-RB.

Kemudian, pada sore harinya, jenazah Tjahjo Kumolo dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta Selatan.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT