ADVERTISEMENT

Bepergian dengan Kapal untuk Perjalanan yang Aman dan Nyaman

Sponsored - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 21:00 WIB
Ilustrasi Kapal
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat ini, banyak orang lebih suka bepergian ke luar pulau dengan pesawat. Karena memang jika menggunakan pesawat memiliki durasi yang lebih singkat. Namun, tidak sedikit masyarakat saat ini yang suka menggunakan transportasi kapal untuk melakukan perjalanan antar pulau.

Selain biaya yang lebih terjangkau, berwisata dengan kapal juga menjanjikan pemandangan yang santai dan indah. Meski memakan waktu yang lebih lama, hal ini tidak membuat banyak orang merasa lelah melakukan perjalanan dengan kapal laut.

Menyeberangi lautan dengan perahu biasanya memakan waktu yang lama. Apalagi jika pelabuhan sedang ramai, dan kapal harus mengantri lama untuk bersandar di dermaga. Nah untuk kamu yang berencana bepergian menggunakan kapal laut, tak ada salahnya mempersiapkan hal-hal berikut ini.

Berikut ini terangkum beberapa tips aman bepergian dengan kapal untuk Anda. Tips ini dijamin membuat perjalanan Anda nyaman, aman dan tentram. Ayo lihat!

1. Pahami Lama Perjalanan agar Lebih Mudah untuk Packing

Sebelum memutuskan untuk naik kapal, Anda harus terlebih dahulu memahami berbagai informasi keberangkatan. Satu hal yang benar-benar perlu Anda ketahui adalah durasi perjalanan yang akan Anda tempuh.

Setiap durasi perjalanan dengan kapal berbeda-beda tergantung tujuan. Ada yang hanya beberapa jam dan ada yang membutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Dan yang tidak kalah penting, Anda juga harus mengetahui jadwal kapal Pelni yang akan Anda gunakan.

Oleh karena itu, Anda harus memahami durasi perjalanan agar nantinya bisa memperkirakan barang bawaan yang akan Anda bawa. Karena jika durasi perjalanan semakin lama, tentunya akan membutuhkan lebih banyak barang yang harus disiapkan, mulai dari makanan hingga pakaian. Jangan lupa untuk mengelompokkan barang yang akan dikemas dan barang yang akan digunakan di kapal.

2. Temukan Informasi tentang Ruang Istirahat di Kapal untuk Perjalanan yang Lebih Tenang

Jika Anda bepergian dengan kapal dan membawa kendaraan seperti mobil, biasanya petugas kapal tidak mengizinkan Anda untuk beristirahat di dalam kendaraan karena alasan keamanan. Anda harus turun dari kendaraan dan naik ke kamar yang tersedia di kapal untuk beristirahat.

Jika sudah demikian, ada baiknya Anda segera mencari informasi mengenai rest room yang tersedia di kapal. Beberapa kapal biasanya menyediakan kamar istirahat mulai dari kelas ekonomi hingga VIP.

Beberapa kamar ini disediakan secara gratis tetapi untuk kelas VIP beberapa biaya tambahan mungkin berlaku. Jadi setelah mendapatkan informasi, istirahatlah di kamar yang dianggap paling nyaman.

3. Bawa Obat-Obatan Pribadi Sesuai Kebutuhan agar Tidak Merepotkan Orang Lain

Tentu saja berbagai jenis obat-obatan dan pertolongan pertama disediakan di kapal, tetapi perlu diingat bahwa penumpang di kapal sangat banyak dan tidak sebanding dengan jumlah petugas. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah obat-obatan pribadi agar ketika sakit bisa langsung berobat tanpa harus menunggu petugas kapal datang.

Selain itu, tidak semua obat tersedia di kapal. Jadi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, lebih baik menyiapkan obat sendiri karena belum tentu disediakan di kapal. Ombak yang besar juga tentunya akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Jadi, ketika ada perubahan kondisi tubuh, Anda sudah siap dengan kondisi tersebut.

Bawa Bekal Makanan yang Simpel dan Tahan Lama untuk Perjalanan di Kapal
Seperti yang dikatakan sebelumnya, bepergian dengan kapal tidak secepat naik pesawat. Untuk itu, Anda harus membawa bekal makan siang sendiri agar tidak merasa lapar selama perjalanan. Di kapal memang tersedia makanan, namun memiliki harga yang lebih mahal.

Bawalah makanan cepat saji dan tahan lama Anda sendiri. Usahakan membawa makanan yang tidak ribet dan siap disantap. Ini karena di kapal Anda tidak bisa memasak atau menghangatkan makanan. Bawalah nasi dan lauk pauk yang mudah disantap seperti abon atau telur rebus.

4. Perhatikan Petunjuk Keselamatan

Setiap alat transportasi pasti punya petunjuk keselamatan, begitu juga dengan kapal. Pada setiap awak kabin, biasanya akan memberikan tips kepada penumpang agar selamat saat terjadi kecelakaan. Maka itu, perhatikan setiap detail mengenai keselamatan dalam perjalanan, seperti lokasi pelampung dan terutama jalur evakuasi.

Selain itu, patuhi peraturan yang ada. Patuhi setiap peraturan yang telah disampaikan oleh petugas atau tertulis. Perhatikan juga letak peralatan keselamatan, seperti pelampung dan perahu kecil. Setiap kapal besar pasti memiliki pelampung sekaligus sekoci. Kapal kecil juga biasanya memiliki pelampung untuk penumpangnya. Simak tips memilih maskapai yang aman untuk bepergian di sini.

5. Hindari Konsumsi Makanan yang Dapat Memicu Mabuk Laut

Mengapung di laut dengan deburan ombak tentunya membuat sebagian orang tidak nyaman, bahkan menyebabkan mabuk laut. Mabuk perjalanan dapat dipicu oleh makanan pedas dan makanan siap saji lainnya yang dijual di atas kapal. Oleh karena itu, daripada muntah di atas kapal, lebih baik hindari beberapa makanan ini.

Hindari mengonsumsi makanan yang memicu mabuk laut, seperti makanan dari susu, daging merah, ayam, ikan, keju, alkohol, dan makanan yang banyak mengandung minyak. Anda cenderung disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung buah dan sayuran saat bepergian dengan kapal.

(Content Promotion/Bddin Agency)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT