Innalillahi, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

ADVERTISEMENT

Innalillahi, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 11:36 WIB
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo disebut meninggal dunia. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang.

"Iya (meninggal dunia)," kata Junimart saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Junimart mengatakan mendapat informasi dari Kepala BKN. Dia menyebut Tjahjo Kumolo meninggal pukul 11.10 WIB.

"Dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10 WIB," ucapnya.

Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat

Untuk diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sempat sakit. Politikus senior PDIP itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Tjahjo Kumolo tidak dalam kondisi koma saat menjalani perawatan.

"Betul Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit," ujar Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini kepada wartawan, Jumat (24/6).

Rini tidak menyebutkan secara rinci penyakit yang diderita Tjahjo. Rini mengatakan Tjahjo memerlukan perawatan intensif hingga kondisinya stabil.

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," tuturnya.

Alami Infeksi Paru-paru

Sementara itu, putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, sempat menyampaikan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru. Saat itu, Tjahjo dirawat secara intensif.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," kata Rahajeng saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (26/6).

Kendati demikian, Rahajeng memastikan kondisi ayahnya saat ini makin stabil. Dia membantah isu yang menyebut ayahnya mengalami koma.

"Sekarang kondisi Bapak sudah membaik dan cenderung stabil. Intinya bukan seperti yang beredar yang mengatakan Bapak koma atau tidak sadarkan diri, itu tidak benar," ujarnya.

(maa/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT