7 Tahun Anaknya Minum Obat, Ibu Santi: Ganja Medis buat Atasi Kejang

ADVERTISEMENT

7 Tahun Anaknya Minum Obat, Ibu Santi: Ganja Medis buat Atasi Kejang

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 15:26 WIB
Viral ibu di CFD memperjuangkan pelegalan ganja medis dipeluk Andien Aisyah
Ibu Santi pejuang ganja medis (@andienaisyah atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Kisah Santi Warastuti yang memperjuangkan penggunaan ganja medis untuk pengobatan anaknya kini menggema hingga Senayan. Kepada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Santi menyampaikan perjuangannya selama bertahun-tahun agar anaknya sembuh dari penyakit cerebral palsy.

"(Ganja medis) buat atasi kejang, yang utama itu. Saya sudah 7 tahun meminumkan obat kejang buat anak saya. Itu bukan waktu yang singkat," kata Santi usai menemui Dasco di ruangan pimpinan DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Santi mendorong legalisasi ganja medis secepatnya diterapkan di Indonesia. "Saya kan berpacu dengan waktu. Semakin dibiarkan semakin mundur kan. Bukannya saya belum berusaha untuk medis, ya," katanya.

Santi menyampaikan perlunya pengobatan menggunakan ganja bagi anak berkebutuhan khusus di Tanah Air. Ihwalnya, ujar Santi, banyak pertimbangan untuk mengakses ganja medis yang sudah diterapkan di luar negeri.

"Membawa anak berkebutuhan khusus keluar itu banyak sekali yang harus dipikirkan. Jadi kenapa nggak kita buat itu bisa accessible untuk semua orang. Jadi ibu-ibu dari Indonesia pun gampang mendapatkannya," kata Santi.

Santi menyebut aspirasinya itu disambut positif oleh Dasco. Dia berharap proses legalisasi ganja untuk kepentingan medis bagi anaknya dan anak-anak lain segera terwujud.

"Saya sangat bersyukur sekali. Alhamdulillah apa yang saya aspirasikan mendapat tanggapan yang bagus dari Bapak (Dasco). Minta doanya dari semua, semoga bisa berjalan dengan lancar dan bisa menolong buat anak saya dan anak-anak yang lain terutama," ujar dia.

Diketahui, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menerima kehadiran Ibu Santi, seorang ibu yang meminta ganja dapat digunakan untuk pengobatan bagi anaknya. Santi diterima kedatangannya di ruang pimpinan DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Simak video 'Perjuangan Ibu Santi Minta Dibuatkan Regulasi Ganja Medis':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selasa (28/6) pukul 12.50 WIB, terlihat Santi didampingi kuasa hukum ganja medis, Sigih Tomi Gumilang, di ruang pimpinan DPR. Pertemuan Dasco, Santi, dan kuasa hukum itu berlangsung sekitar 30 menit.

"Hari ini saya kedatangan Ibu Santi Warastuti, orang tua dari Pika yang mengalami sakit yang kemarin viral mengenai ganja medis dan didampingi pengacara yang mengajukan judicial review di Mahkamah Konstitusi terkait legalisasi ganja untuk medis," kata Dasco.

Ketua Harian DPP Gerindra itu mengatakan akan menindaklanjuti aspirasi dari Santi terkait penerapan pengobatan menggunakan ganja di Indonesia. Menurut Dasco, aspirasi Santi akan diakomodir dalam pembahasan revisi Undang-Undang tentang Narkotika yang kini sedang berjalan di DPR.

"Setelah mendengarkan maka kami akan mengambil langkah-langkah untuk mendorong rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR yang kebetulan sedang membahas revisi UU Narkotika. Kalau sempat minggu ini, kalau tidak, sebelum reses kita sudah minta dilaksanakan rapat dengar pendapat," tambah Dasco.

(fca/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT