Teguran Pemprov DKI ke Holywings Sebab Promo Miras 'Muhammad-Maria'

ADVERTISEMENT

Teguran Pemprov DKI ke Holywings Sebab Promo Miras 'Muhammad-Maria'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jun 2022 20:36 WIB
Suasana Holywings Tebet Sabtu (16/10) malam.
Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom
Jakarta -

Holywings mengunggah promosi gratis minuman keras menggunakan nama Muhammad dan Maria. Promosi yang dibuat oleh Holywings berujung teguran dari Pemprov DKI Jakarta kepada pihak manajemen.

Unggahan promosi itu disebar melalui akun Instagram resmi Holywings @holywingsindonesia & @holywingsbar pada Rabu (22/6). Holywings menyadari promosi tersebut telah menimbulkan kesan yang negatif.

"Sudah, sudah kami berikan teguran tertulis pertama kepada manajemen Holywings," kata Kasi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Iffan saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/6/2022).

"Kepada manajemennya kita berikan, bukan per outlet," tambahnya.

Iffan menuturkan sanksi teguran tertulis pertama sudah diberikan sejak Kamis (23/6) lalu dan diterima oleh manajemen Holywings. Sanksi itu meminta manajemen menjaga norma dan moral saat menjalankan usahanya.

"Manajemen harus punya kewajiban untuk menjaga norma, baik itu agama, wajib menjaga moral, maupun kewajiban tentang hal lainnya ya, apalagi ini berkaitan dengan SARA ya. Sudah diingatkan kepada manajemen ini teguran tertulis pertama kita berikan kepada manajemen Holywings. Kemarin kita berikan," jelasnya.

Iffan memastikan pihaknya bakal meningkatkan sanksi jika Holywings kembali melakukan pelanggaran. Tak menutup kemungkinan sanksi pembekuan sementara jika Holywings masih melakukan pelanggaran.

"Teguran tertulis kedua, ketiga, sampai nanti tindakan pencabutan izin atau pembekuan sementara," tegasnya.

Simak video 'GP Ansor Tetap Konvoi ke Holywings Meski Dilarang Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Holywings dilaporkan ke polisi, simak di halaman berikut

Holywings Dilaporkan ke Polisi

Promosi tersebut berbuntut laporan polisi. Sejumlah ormas melaporkan Holywings ke polisi, yakni Himpunan Advokat Indonesia (HAMI), SAPMA Pemuda Pancasila dan KNPI DKI Jakarta yang melapor ke Polda Metro Jaya.

"Jadi yang ditujukan ini kepada manajemen, tapi yang tertera yang memberikan lokasi-lokasi tersebut karena kan restoran tersebut franchise juga kan," kata Sekretaris Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) DKI, Muhammad Akbar Supratman, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Akbar mengatakan promosi Holywings itu telah melukai perasaan umat Islam dan Katolik. Pencantuman nama 'Muhammad' dan 'Maria' pada promosi Holywings itu dinilai telah menodai kepercayaan umat Islam dan Katolik.

"Dia mengumpulkan yang nama Muhammad dengan nama Maria untuk dibagikan minuman alkohol gratis yang sama-sama kita tahu di setiap agama yang namanya minuman beralkohol itu diharamkan," katanya.

"Jadi dia meremehkan nama Muhammad dengan orang yang suka mabuk atau orang yang suka minum minum alkohol. Ini sangat mencoreng kita semua selaku umat beragama," tambah Akbar.

Baca Holywings minta maaf di halaman selanjutnya

Holywings Minta Maaf

Holywings meminta maaf soal promosi gratis minuman menggunakan nama Muhammad dan Maria. Mereka menyebut tim manajemen tak tahu dan menegaskan memberikan sanksi berat kepada tim promosi.

Dilihat detikcom, Kamis (23/6), permintaan maaf tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi Holywings Indonesia, @holywingsindonesia.

"Terkait dengan viralnya unggahan kami (Holywings Indonesia) menyangkut promosi dengan menggunakan nama Muhammad & Maria. Kami telah menindaklanjuti pihak tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia, dengan sanksi yang sangat berat," tulis Holywings melalui akun Instagramnya.

Holywings mengaku tak berniat mengaitkan unsur agama dalam promosinya. Holywings kembali meminta maaf kepada masyarakat.

Holywings memohon agar masyarakat memaafkan. Peristiwa tersebut dijadikan pelajaran bagi Holywings.

Holywings telah menghapus postingan promosi tersebut di akun Instagramnya. Promo tersebut menimbulkan reaksi sejumlah pihak.

(dek/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT