ADVERTISEMENT

Anggota DPR Harap Jokowi Jadi Solusi Damai Putin dan Zelensky

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 05:15 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
TB Hasanuddin (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin memandang positif rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev. Hasanuddin berharap kunjungan Jokowi tersebut bisa meredakan konflik antara Rusia dan Ukraina yang telah berlangsung ratusan hari.

"Rencana kunjungan kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia tentunya adalah sebuah hal positif bagi diplomasi damai Indonesia dan harus didukung penuh" kata Hasanuddin dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

Hasanuddin menilai ada 2 hal positif yang bisa dihasilkan dari rencana kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina. Salah satunya, dia berharap kehadiran Jokowi bisa meredakan ketegangan konflik bersenjata yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

"Kita berharap kunjungan Presiden Joko Widodo nanti dapat meredakan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang akhir-akhir ini semakin meningkat. Setidaknya sudah 100 hari lebih terjadi konflik bersenjata antara kedua negara, dan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir," ucapnya.

Selain itu, Hasanuddin berharap Jokowi bisa jadi solusi damai antara kedua negara. Menurutnya perdamaian kedua negara harus tercapai lantaran mempengaruhi kondisi ekonomi dan pangan global.

"Semoga kunjungan tersebut dapat menjadi jembatan bagi solusi damai antara kedua negara. Konflik Ukraina dan Rusia telah berdampak negatif bagi stabilitas harga komoditas seperti minyak mentah dan bahan pangan secara global," ujar dia.

"Termasuk di Indonesia, harga beberapa bahan pangan seperti gandum atau minyak goreng mengalami kenaikan drastis. Jika konflik tersebut tidak dicarikan jalan keluarnya secara damai dan semakin berlarut-larut, maka dunia akan jatuh ke dalam krisis pangan global," lanjut dia.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Jokowi Bakal Temui Zelensky di Kiev dan Putin di Moskow':

[Gambas:Video 20detik]



Hasanuddin juga berharap agenda kunjungan Jokowi juga bisa membuahkan hasil positif bagi Indonesia. "Semoga agenda kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke kedua negara nanti dapat membuahkan hasil yang positif dan konkrit bagi Indonesia di tengah ancaman krisis pangan dan ekonomi global yang semakin terlihat didepan mata saat ini," imbuhnya.

Jokowi Berencana Kunjungi Putin dan Zelensky

Untuk diketahui, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Kunjungan ini bakal dilakukan Jokowi setelah mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6/2022) hingga Senin (27/6).

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal," ujar Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6) seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

"Di dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," lanjutnya.

(maa/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT