ADVERTISEMENT

KSAL Minta Oknum Perwira Peras Kapal Asing Rp 5,4 M Ditunjukkan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 13:02 WIB
KSAL Yudo Margono
KSAL Yudo Margono (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono buka suara terkait oknum perwira yang disebut meminta Rp 5,4 miliar kepada kapal tanker minyak asing yang ditangkap agar dilepaskan. Yudo menyebut hal itu masih dalam penyelidikan.

"Jadi ini dalam proses penyidikan," kata Yudo kepada wartawan seusai acara pelantikan Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid sebagai Pangkoarmada RI di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/6/2022).

Kapal asing itu kini berada di Pangkalan TNI Angkatan Laut di Batam. Yudo mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan. Informasi sementara, dari pihak nakhoda kapal asing membantah adanya pemalakan.

"Dan kemarin sudah di-crosscheck oleh Pangkoarmada 1 kepada nakhodanya, siapa yang membuat ini, apakah istilahnya dari kapal tersebut atau owner-nya ada tawaran seperti itu. Ya kemarin nakhodanya mengaku tidak," ungkap Yudo.

Meski begitu, Yudo mengatakan pihaknya tetap berkonsolidasi untuk mengusut kasus ini. "Kita tetap dari dalam melaksanakan konsolidasi, kita selidiki apakah ada orang dalam yang terlibat dengan berita-berita seperti ini, udah sering dilakukan, tapi kita tidak pernah mundur," tegas Yudo.

Yudo meminta pihak yang mengetahui atau merasa dipalak oleh oknum perwira tersebut untuk menunjukkan bukti. Pihaknya berjanji akan menindak tegas.

"Angkatan laut ini jelas, rupane jelas, namanya jelas, ketuanya jelas, tunjukkan saja siapa, kalau perlu yang minta itu difoto kan bisa, ini loh muka yang minta itu, bisa loh. Jadi nggak seperti itu membuktikannya, sopo ini. Ya tentunya sebagai warning," terangnya.

Selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT