Cerita di Balik Foto Viral Ibu Hamil Kelelahan Gegara Eskalator KRL Mati

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Cerita di Balik Foto Viral Ibu Hamil Kelelahan Gegara Eskalator KRL Mati

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 08:49 WIB
Ibu hamil kelelahan usai menaiki tangga di Stasiun Cakung.
Foto: Ibu hamil kelelahan usai menaiki tangga di Stasiun Cakung (dok.Komunitas Jalur Bekasi)
Jakarta -

Foto ibu hamil kelelahan usai menaiki tangga Stasiun Cakung viral di media sosial. Bumil tersebut terpaksa menaiki tangga gegara eskalator dan lift mati.

Foto ibu hamil yang berselonjor itu diunggah oleh akun Twitter komunitas pengguna KRL Jalur Bekasi, @jalurbekasi. Peristiwa itu disebut terjadi Rabu (8/6) malam. Dia meminta pihak terkait memperbaiki kerusakan tersebut.

"Kejadian kemarin malam di Stasiun Cakung, seorang ibu hamil kelelahan karena lift dan eskalator kagak dibetul-betulin sama @perkeretaapian," tulis akun @jalurbekasi seperti dilihat detikcom, Kamis (9/6/2022).

"Masa mau nunggu ada kejadian luar biasa dulu baru ada aksinya? Itu ada nyawa manusia yang belum lahir dipertaruhkan karena kalian nggak beres kerjanya," ujarnya.

Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jaktim, mati. 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jaktim, mati. 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom) Foto: Lift dan eskalator Stasiun Cakung, Jaktim, mati. 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Foto tersebut diambil oleh anggota komunitas JB, Nela (35). Kepada detikcom, dia bercerita soal bumil yang kelelahan meniti tangga Stasiun Cakung tersebut. Ternyata bukan hanya ibu hamil, perempuan lansia juga nyaris kelengar menaiki tangga curam gegara lift dan eskalator Stasiun Cakung mati.

Nela bercerita peristiwa itu terjadi pada Rabu (8/6) malam. Dia saat itu turun dari kereta dan kemudian melihat ada ibu hamil dan lansia baru selesai menaiki tangga.

"Ibu hamil, orang tua. Takutnya ibu-ibu tua, dia memegang jantungnya. Ibu hamil juga megap-megap," kata Nela saat dihubungi, Kamis (9/6/2022).

Nela kemudian mengambil foto ibu hamil tersebut. Foto hasil jepretannya itulah yang diunggah oleh akun komunitas pengguna KRL, Jalur Bekasi.

Tangga di Stasiun Cakung, Jakarta Timur. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Tangga di Stasiun Cakung, Jakarta Timur. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom) Foto: Tangga di Stasiun Cakung, Jakarta Timur. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Nela bercerita eskalator tersebut mati sekitar satu atau dua minggu lalu. Hampir bersamaan dengan penerapan SO5 di Stasiun Manggarai pada 28 Mei 2022.

Menurutnya, biasanya kerusakan eskalator dan lift tidak lama dibiarkan. Namun kali ini Nela pun merasa heran.

"Biasanya saya lapor ke grup (komunitas), langsung diperbaiki. Tapi ini beberapa kali saya lempar ke grup nggak ada tindak lanjut," katanya.

Suasana usai tangga Stasiun Cakung, penumpang KRL bisa kelelahan. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Suasana usai tangga Stasiun Cakung, penumpang KRL bisa kelelahan. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom) Foto: Suasana usai tangga Stasiun Cakung, penumpang KRL bisa kelelahan. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Tangga Stasiun Cakung

Tangga itu terletak di arah menuju pintu masuk dan keluar Stasiun Cakung. Saat detikcom menyambangi di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, Kamis (9/6), sore, lift dan eskalator masih mati. Anak kereta (anker), begitu sebutan untuk pengguna KRL, banyak yang menempuh tangga untuk mengakses ke peron.

Tangga tersebut lumayan curam untuk dialalui ibu hamil. Jumlah anak tangga pun cukup banyak, detikcom menghitung ada 38 anak tangga yang harus dilewati agar bisa sampai ke pintu masuk ataupun pintu keluar Stasiun Cakung.

Di lokasi, terlihat pula calon penumpang yang tengah menepi ke sisi kiri. Mereka sengaja duduk di pelataran guna beristirahat karena kelelahan melewati tangga tersebut.

Berdasarkan pengamatan detikcom, bentuk anak tangga tampak kecil dan berjarak rapat. Pengguna KRL harus berhati-hati agar langkahnya tidak tersandung.

KAI Commuter minta maaf. Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Respons KCI soal Penumpang KRL Keluhkan Pemberlakuan Rute Baru':

[Gambas:Video 20detik]




KAI Commuter Minta Maaf

PT KAI Commuter meminta maaf atas kejadian ini. Disebut, eskalator dan lift sedang diperbaiki secara menyeluruh.

"Mengenai foto ibu hamil yang tersebar di media sosial, kami mohon maaf atas kejadian tersebut, memang saat ini fasilitas eskalator dan lift masih dalam perbaikan secara menyeluruh," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2022).

Proses perbaikan lift dan eskalator belum selesai. KAI Commuter siap memberikan bantuan bagi warga yang kesulitan gara-gara lift dan eskalator mati.

"Melalui petugas di stasiun, KAI Commuter siap membantu pendampingan kepada pengguna KRL yang membutuhkan layanan, selama perbaikan fasilitas tersebut dilakukan," kata mereka.

Lift di Stasiun Cakung mati, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)Lift di Stasiun Cakung mati, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom) Foto: Lift di Stasiun Cakung mati, 9 Juni 2022. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

KAI Commuter menyatakan proses perbaikan terhadap lift dan eskalator di Stasiun Cakung tengah dilakukan. Selain itu, KAI Commuter melakukan perbaikan di lift dan eskalator stasiun-stasiun lainnya.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala eskalator dan lift di beberapa stasiun yang mengalami kendala. KAI Commuter telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 Jakarta untuk melakukan pemeriksaan besar dan perbaikan secara bertahap terhadap tidak beroperasinya eskalator dan lift tersebut," kata Anne.

Diperkirakan, eskalator dan lift selesai diperbaiki pada bulan depan. Sehingga, bisa kembali membantu ibu hamil atau lansia yang tak kuat menaiki tangga.

"Untuk itu, kami membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya. Diharapkan pada bulan Juli minggu kedua, fasilitas eskalator dan lift tersebut sudah dapat beroperasi untuk melayani pengguna KRL," kata Anne.

(aik/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT