ADVERTISEMENT

Razman: Medina Zein Kembalikan Rp 35 Juta ke Uya Kuya, Pidananya di Mana?

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 17:01 WIB
Gaya Medina Zein yang kembali berhijab.
Medina Zein (Foto: dok. Instagram @medinazein92)
Jakarta -

Medina Zein dipolisikan soal dugaan penipuan jual beli mobil oleh Uya Kuya. Pengacara Medina Zein, Razman Arif Nasution, menyebut uang tersebut sudah dikembalikan.

Razman mengatakan Medina Zein telah mengembalikan uang Rp 35 juta kepada Uya Kuya. Razman lantas mempertanyakan letak pidana dalam kasus tersebut.

"Kalau setahu saya, walaupun dia katanya ada mau jual beli mobil tapi faktanya sudah dikembalikan Rp 35 juta, tindak pidananya di mana?" kata Razman saat dihubungi, Rabu (25/5/2022).

Namun Razman belum merinci kapan uang tersebut dikembalikan. Selain itu, dia belum tahu alasan uang tersebut dikembalikan kepada Uya Kuya.

Untuk itu, Razman kemudian meminta Uya Kuya mengundang dia ke podcast untuk mengetahui secara detail duduk permasalahan dalam kasus ini.

"Saya juga nggak tahu bagaimana sistem jual beli mereka, makanya saya minta Uya undang saya ke podcast dia supaya dia jelasin ke saya. Ini dia ngomong di podcast dia, saya nggak diundang, Medina lagi sakit," kata dia.

"Yang saya tahu dia (Medina) ada masalah, 'iya iya bang nanti kita selesaikan'. Dia juga lagi keadaan sakit, bagaimana coba? Harusnya kan dia ketemu saya di mana, jelasin, biar saya tahu," jelasnya.

Selain itu, meskipun dia pengacara Medina Zein, hingga kini dia mengaku belum tahu persis pokok permasalahan kasus Medina dengan Uya Kuya.

"Iya (belum tahu permasalahan). Harusnya dia tahu saya pengacaranya, omongin dong sama saya. Ini kok malah melebar ke mana-mana," jelasnya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Ditemani Sang Istri, Uya Kuya Sambangi Polda Metro Jaya

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya, Uya Kuya melalui kuasa hukumnya, Irawan Syahputra, melaporkan Medina Zein ke Polda Metro Jaya pada Kamis (12/5) lalu. Laporan Uya Kuya teregister dengan bernomor LP/B/2306/V/2022/SPKT/Polda Metro Jaya.

Medina Zein dilaporkan atas tuduhan penipuan melalui media elektronik dan/atau penipuan dan/atau penggelapan dan/atau TPPU Pasal 28 ayat (1) juncto Pasal 45A ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, awalnya pada Mei 2022 Medina Zein menawarkan 2 unit mobil kepada Uya Kuya senilai Rp 1,2 miliar.

"Kemudian, Uya Kuya mentransfer Rp 100 juta (sebelumnya polisi menyebut 150 juta) ke rekening terlapor sebagai uang muka pembelian mobil tersebut," ujar Zulpan kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Belakangan jual beli mobil itu tidak terjadi alias fiktif.

"Ternyata awalnya perjanjian jual-beli mobil, namun ternyata tidak terjadi jual-beli mobil tersebut namun uangnya sudah ditransfer. Itu yang dilaporkan," sambungnya.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT