Pemprov DKI Akan Beli Pompa Pengurasan untuk Perawatan Sumur Resapan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 12:31 WIB
Ilustrasi sumur resapan (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan membeli pompa-pompa penguras untuk pemeliharaan sumur-sumur resapan. Nantinya, pemeliharaan sumur resapan dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) di masing-masing wilayah.

"Pemeliharaannya kita sudah bahas kemarin itu lewat mekanisme soal kelola sudin-sudin dengan pengadaan pompa-pompa kuras. Nih lagi ada pengadaan, nanti sudin-sudin yang mengelola," kata Kepala Dinas SDA Yusmada Faisal dalam rapat kerja bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022).

Di samping itu, Yusmada memastikan pembangunan sumur resapan tetap berlanjut di tahun ini. Dinas SDA berharap sumur resapan dapat membantu kinerja waduk untuk menampung air.

"Lewat sumur-sumur dalam nah itu akan kita rencanakan di program kita ini mem-backup waduk-waduk sekitar waduk kita itu agar supaya airnya bisa dimasukkan ke tanah pakai sumur-sumur dalam," jelasnya.

Dia juga berharap nantinya program sumur resapan ini meluas sampai ke perkantoran di Jakarta dengan menerapkan konsep nihil pembuangan (zero run off).

"Pendekatan berikutnya sumur-sumur resapan ini lebih baik regulasi yang kantor-kantor lewat penerapan zona pendekatan zero run off atau zero delta Q untuk pengembangan-pengembangan persil," imbuhnya.

Saran Pemeliharaan Sumur Resapan oleh Pihak Ketiga

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif mengusulkan agar pemeliharaan sumur resapan diserahkan ke pihak ketiga. Menurutnya, pemeliharaan sumur resapan dilakukan oleh tenaga ahli yang mengerti teknis pemeliharaan sumur resapan.

"Kalau sumur resapan memang saya menganggap itu tidak bisa diswakelolakan, Pak, harus dipihakketigakan karena agak berat ini. Seperti penebangan pohon tadi, Pak, ada yang dilaksanakan oleh PPSU yang tidak menggunakan alat berat yang harus pihak ketiga. Saya saran itu," kata Syarif.

Merespons usulan Syarif, Yusmada menjelaskan saat ini perawatan sumur resapan masih dilakukan oleh Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP). Mengingat, perawatan sebatas pengurasan bak penampungan.

"Kita lihat karena dari awal kemarin sudah kita sepakati. Sumur resapan itu umumnya adalah sedimentasi banyak lumpur-lumpur di sana. Jadi hanya butuh pengurasan supaya pipa-pipa itu terbuka lagi. Nah, Itu kita coba dulu lah dengan tenaga-tenaga bahkan PJLP kita sekarang membangun sumur resapan di sudin-sudin juga cukup ampuh dengan bikin apa, dengan hal alat-alat itu nanti kita coba lihat tipenya, Pak. Tipe sumur resapannya seperti apa," imbuhnya.




(taa/jbr)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork