ADVERTISEMENT

Profil 3 Sosok di Bursa Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 19:05 WIB
1.

Profil 3 Sosok di Bursa Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Profil 3 Sosok di Bursa Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies
Gedung Balai Kota Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bakal melantik penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, calon pengganti Anies Baswedan, pada Oktober 2022. Tito membeberkan kriteria calon yang akan mengisi jabatan tersebut.

"Yang pertama, ada masalah nggak dia atau tidak, kita proffiling. Yang kedua, apakah potensi ada kasus atau tidak. Jangan sampai dipilih terus ada masalah," ujar Tito kepada wartawan, Kamis (12/4).

Tito mengatakan nama calon yang bakal menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta akan diusulkan pada September nanti. Pihaknya akan mengajukan tiga nama calon sebagai pengganti Anies Baswedan.

"Yang nanti bulan Oktober (pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta) satu bulan sebelumnya, September sudah ada (tiga) nama kita ajukan ke Bapak Presiden," ucap Tito.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani membocorkan ada tiga nama calon yang berpotensi menjabat Pj Gubernur DKI. Ketiga nama itu ialah Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah, dan eks Ketua KPU RI Juri Ardiantoro.

"Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus. Pak Heru Budi bagus, pernah jadi eksekutif Ibu Kota, tentu paham dengan psikologis Jakarta. Pak Marullah bagus, sekda kita saat ini. Begitu pun dengan Pak Juri Ardiantoro, bagus, banyak pengalaman dalam memimpin," kata Zita dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Profil ketiga calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang disebut oleh Zita dapat disimak di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Kisi-kisi Pengganti Anies Baswedan yang Diungkap Tito Karnavian

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT