Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Guguran Sejauh 3,5 Km

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 13:31 WIB
Jakarta -

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), menyemburkan awan panas guguran pada pukul 06.30 WIB tadi pagi. Awan panas guguran yang diluncurkan Semeru itu mengarah ke wilayah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong sejauh 3,5 km.

Dilansir dari detikJatim, Minggu (1/5/2022), tinggi abu kolom teramati 500 meter di atas puncak. Petugas BPBD Kabupaten Lumajang diberangkatkan untuk melakukan asesmen dampak semburan awan panas itu.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Api Semeru periode 1 Mei 2022, sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 10 kali, embusan 15 kali, tremor harmonic 1 kali, dan tektonik jauh 1 kali. Saat ini status Gunung Semeru berada di level tiga atau siaga.

"Berdasarkan laporan dari pos pengamat gunung api Semeru pada pukul 06.30 WIB, terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 3,5 km mengarah ke besuk kobokan dan besuk lengkong," ujar anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Dwi Nur Cahyo kepada detikJatim.

Maka itu, Cahyo mengimbau masyarakat tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan Besuk Kobokan sejauh 13 km. Selain itu, kata Cahyo, warga diminta mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di sektor tenggara di kawasan besuk kobokan sejauh 13 kilometer," imbuhnya.

Simak selengkapnya di sini.

(drg/imk)