ADVERTISEMENT

Aksi Maling Naik Mercy Gagal Mencuri lalu Berakhir Ditangkap Polisi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 07:54 WIB
mercy jakut
Mercy dkendarai pelaku hancur diamuk massa (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Komplotan pelaku pencurian rumah kosong di Tanjung Priok, Jakarta Utara, gagal beraksi. Tiga pelaku yang menaiki mobil Mercy itu dipergoki korbannya hingga dikejar warga.

Salah satu pelaku bahkan menceburkan diri ke kali lantaran panik dikejar warga. Namun, ketiga pelaku berhasil ditangkap polisi.

Dari para pelaku, polisi mengamankan linggis, obeng, ponsel dan barang bukti lainnya. Ketiga pelaku kini ditahan di Polsek Tanjung Priok.


Viral di Media Sosial


Aksi pengejaran warga terhadap pelaku percobaan pencurian di perumahan warga di Sunter, Tanjung Priok, Jakut itu terjadi pada Jumat (29/4) sekitar pukul 12.00 WIB. Dalam video yang beredar, terlihat mobil Mercy mengalami kerusakan pada bagian depan, lampu sisi kanan serta, ban, serta kaca spion Mercy tersebut dalam kondisi rusak.

Tampak seorang pria yang diduga pelaku pencurian dengan wajah babak belur menggunakan kemeja dikerubungi oleh sekelompok orang. Pria itu kemudian digiring masuk ke dalam Mercy tersebut.

Ketiga pelaku yang berinisial Y (52), A (52), serta W (44) itu terciduk oleh korban pemilik rumah berinisial AN sedang mencongkel pintu.

"Adapun awal mula kejadian, menurut keterangan korban AN, pada saat itu korban baru sampai depan rumah, kemudian korban melihat ada dua orang laki laki tidak dikenal sedang mencongkel pintu rumah," kata Zulpan dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).


Baca di halaman selanjutnya: para pelaku dikejar massa.

Simak juga Video: Terekam CCTV! Aksi Anak-anak Bobol Bengkel Bubut di Cianjur

[Gambas:Video 20detik]




Pelaku Dikejar Massa

Merasa aksinya gagal, ketiga pelaku kemudian tunggang langgang melarikan diri. AN berusaha mengejar para pelaku dengan cara berteriak.

"Para pelaku panik dan berusaha melarikan diri mengendarai mobil Mercy. Korban mengejar sambil berteriak 'maling... maling...' sehingga mengundang warga sekitar," ungkap Zulpan.


Para Pelaku Tabrak Ojol


Kapolsek Tanjung Priok Kompol Ricky Prenata mengungkap para pelaku yang mengendarai mobil Mercy itu sempat menabrak ojek online (ojol) saat kabur dari kejaran warga.

"Iya benar (sempat nabrak). Udah selesai semua dari ojol dari apa semua, kalau itu laka lantas ya," ujar Ricky saat dihubungi, Sabtu (30/4).

Ricky mengatakan keluarga para pelaku telah membayar kerugian korban ojol yang ditabrak.

"Laka lantasnya udah clear semua masalah ada yang kerugian apa motor semua udah dibayar semua," tuturnya.

Baca di halaman selanjutnya: salah satu pelaku menceburkan diri ke kali.


Pelaku Nyebur ke Kali

Pengejaran massa membuat para pelaku panik. Salah satu pelaku menceburkan diri ke kali.

"Kabur dikejar massa, kelihatan ke kali itu ya amannya ke kali, ya nyebur ke kali dia. Dia kan nyebur ke kali akhirnya diamankanlah, dia bingung mungkin niatnya mau lari ke mana udah massa semua," kata Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Ricky Prenata Vivaldy, saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/4/2022).

Ricky mengatakan A, yang juga pemilik Mercy tersebut diamankan oleh warga dan anggotanya. Dia menyebut pada saat kejadian polisi tengah berpatroli di kawasan tersebut.

"Jadi mungkin karena lihat massa ramai ada yang nyebur ke kali. Kebetulan anggota lagi pas patroli dekat sana makanya diamankan, pas yang di kali itu," ujarnya.

Dia menjelaskan ketiga pelaku ditangkap di titik lokasi berbeda. Dia mengatakan para pelaku mengalami luka lebam akibat amukan warga.

"Ya berbeda-beda (titik lokasi ditangkap warganya) karena itu tadi ketahuan, masuk mobil, masuk mobil lari, kabur. Itu mobil kan macet itu, ya udah nyelametin diri masing-masing. Udah dikejar massa karena dia nabrak-nabrak ojol, diteriaki maling kan," tuturnya.

"Kalau nggak ada anggota habis itu mereka, diamuk massa, ya luka-luka lebam biasa aja," lanjutnya.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT