Tercatat di Muri, Jakarta Utara Sumbang 4.000 Kantong Darah ke PMI DKI

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 12:06 WIB
Jakarta Utara Mendonor masuk MURI sebagai donor darah terbanyak selama Ramadan, dengan 4 ribu kantong darah. (Dok Istimewa)
Jakarta Utara Mendonor masuk Muri sebagai donor darah terbanyak selama Ramadan, dengan 4 ribu kantong darah. (Dok Istimewa)
Jakarta -

Gelaran Jakarta Utara Mendonor dicatatkan Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai donor darah terbanyak dalam bulan Ramadan. Dalam kurun waktu enam hari, terkumpul 4.000 kantong darah yang disumbangkan ke PMI DKI Jakarta.

"Kantong darah yang terkumpul melampaui target aksi ini akan ditiru, menjadi inspirasi PMI lain menyelenggarakan hal serupa," kata Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said, dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Sudirman mengatakan PMI mencatat sebanyak 5,4 juta kantong darah dibutuhkan setiap hari di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Jakarta sendiri dibutuhkan 1.200 kantong darah setiap hari.

Dia menambahkan, dengan adanya 4.000 kantong darah yang disumbangkan Jakarta Utara, hal itu memberikan napas segar untuk PMI. Sebab, ini menambah stok kantong darah yang kerap menurun di tengah Ramadan.

Jakarta Utara Mendonor masuk MURI sebagai donor darah terbanyak selama Ramadan, dengan 4 ribu kantong darah. (Dok Istimewa)Jakarta Utara Mendonor masuk Muri sebagai donor darah terbanyak selama Ramadan, dengan 4 ribu kantong darah. (Dok Istimewa)

Sudirman mengatakan hingga kini gelaran donor darah masih berlangsung. Diperkirakan stok darah akan kembali bertambah.

"Ini suatu usaha yang luar biasa di tengah Ramadan dan COVID-19 yang belum tuntas. Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta donor darah," pungkasnya.

Gelaran Jakarta Utara Mendonor digelar oleh PMI DKI Jakarta berkolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara, diinisiasi oleh Andreas Sofiandi, RW 020 Kelurahan Sunter Agung, PT Temas, Tbk, Himpunan Bersatu Teguh, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya, dan Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB).

Lihat juga video 'Satlantas Boyolali Gelar Donor Darah dan Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)