Bukan Dukung Demo, Ini Pernyataan Panglima TNI soal Aksi 11 April

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 12:29 WIB
Mahfud Md bertemu dengan Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan pernyataannya yang akurat soal demo BEM SI hari ini adalah TNI sudah mengerahkan pasukan untuk membantu polisi dalam mengamankan aksi dan mengingatkan prajuritnya bertindak sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

Hal itu dijelaskan Andika saat dikonfirmasi soal viral berita dirinya mendukung demo 11 April 2022. Andika kemudian memberikan sebuah tautan artikel kepada detikcom.

"Yang saya kirim di atas adalah yang akurat," kata Andika kepada detikcom, Senin (11/4/2022).

Hal yang Disampaikan Andika Perkasa

Andika mengizinkan penjelasan dalam artikel itu untuk dikutip. Pada intinya momen yang melatari artikel tersebut terjadi saat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menerima kunjungan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Kedua tokoh ini membahas dinamika yang terjadi belakangan ini. Terutama aksi-aksi mahasiswa di beberapa kota, termasuk rencana aksi besar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia yang akan digelar 11 April.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan dukungan terhadap pernyataan Ketua DPD RI agar aparat keamanan tidak represif dalam menghadapi aksi mahasiswa.

"Kami berterima kasih sudah diingatkan oleh Ketua DPD RI. Memang pasukan kami sudah di-BKO ke Polda dan Polres untuk antisipasi aksi. Tetapi kami tegaskan bahwa TNI dan seluruh jajaran tetap disiplin, sesuai tugas pokok dan fungsi serta kewenangannya," katanya.

Menurut Andika, demonstrasi merupakan hak politik, yakni hak berpendapat yang dijamin konstitusi dan dilindungi undang-undang.

"Namun jangan sampai merusak fasilitas umum dan infrastruktur yang ada, karena yang rugi kita semua. Suara rakyat pasti didengar oleh pemerintah. Termasuk suara dari Pak Ketua DPD RI yang merupakan tokoh di negeri ini," ujarnya.

Sejak Awal Andika Tak Pernah Menyampaikan Dukung Demo

Sebelumnya, Andika Perkasa diviralkan dan diberitakan sejumlah media mendukung aksi demonstrasi mahasiswa hari ini.

Berita soal Panglima TNI mendukung aksi demo hari ini diberitakan sejumlah media. Setelah ditelusuri, sumber pemberitaan adalah rilis yang ada di lanyallacenter.id.

Namun jika ditelaah lebih dalam, tidak ada pernyataan Panglima TNI yang bicara soal dukungan terhadap aksi demonstrasi tersebut. Untuk diketahui, Andika bertemu Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti, Sabtu, 9 April 2022, di rumah dinas sang Ketua DPD RI.

Dalam pernyataannya, Panglima TNI hanya menjelaskan aksi pengamanan yang disiapkan TNI menjelang demo 11 April.

Simak Video: Seputar Demo BEM SI yang Akan Digelar Hari Ini

[Gambas:Video 20detik]




(aud/fjp)