ADVERTISEMENT

Elite PDIP Bela Luhut Terpilih Lagi Emban Jabatan: Andalan Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 13:04 WIB
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno (Tsarina Maharani/detikcom)
Senior PDIP Hendrawan Supratikno (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta -

Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan kembali dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional. Elite senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut Luhut Binsar Pandjaitan betul-betul andalan Jokowi.

"LBP ini benar-benar jadi kepercayaan dan andalan Pak Jokowi. Dia motor penggerak utama untuk melakukan penyisiran hambatan (debottlenecking) dari berbagai program kerja pemerintahan. Stamina dan kemampuan koordinatifnya sangat menonjol," kata Hendrawan saat dihubungi, Sabtu (9/4/2022).

Hendrawan lantas menyinggung kembali pernyataan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto soal Luhut seperti perdana menteri. Dia sepakat dengan sebutan tersebut.

"Rekan saya, Mas Pacul (Bambang Wuryanto), menyebut dia mirip perdana menteri. Punya kewenangan besar, relasinya luas, dan pemecah masalah (problem solver)," ucapnya.

Lebih lanjut anggota Komisi XI DPR ini meyakini Luhut Binsar Pandjaitan bisa mengemban berbagai jabatan yang diberikan oleh Jokowi. Namun, dia mengingatkan, bagaimanapun, tetap ada batasan yang harus dipahami oleh Luhut.

"Pada satu titik pasti ada batasnya. Tapi karena masih ditambah, artinya dalam penilaian Presiden masih dianggap oke. Untuk tipe seperti LBP, semakin banyak jabatan yang saling terkait, semakin efektif tugasnya. Ada lebih banyak kendala yang dipecahkan di bawah rentang kendalinya," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Amien Rais: Duet Jokowi-Luhut Harus Berakhir Oktober 2024!':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT