Lahan Kritis di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Capai 3.000 Hektare

ADVERTISEMENT

Lahan Kritis di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Capai 3.000 Hektare

Muchamad Sholihin - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 17:45 WIB
Penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Penanaman pohon di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Kepala Seksi Wilayah VI Tapos Balai Besar (BB) Taman Nasional Gunung Gede dan Pangrango (TNGGP) Bambang Mulyawan menyebut ada 3.000 hektare (ha) lahan kritis di kawasan TNGGP. Lahan kritis itu tersebar di 3 wilayah, yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

"Hasil kajian kami terdapat lokasi-lokasi eks Perum Perhutani yang diserahterimakan untuk area perluasan. Dari area tersebut terdapat lahan yang kritis dalam artian dari sisi tutupan lahan. Hasil kajian kami sejak 2015 lahan kritis luasnya 3.000 hektare. Targetnya sampai 2024 kita pulihkan kondisinya," kata Bambang Mulyawan ditemui di lokasi penanaman pohon yang digelar Kodim 0621 Kabupaten Bogor di Megamendung, Bogor, Kamis (30/3/2022).

Bambang menjabarkan, total area yang masuk dalam pengawasan BB TNGGP seluas 24.270 hektare. Sebanyak 7.000 hektare di antaranya masuk ke wilayah Kabupaten Bogor.

"Wilayah taman nasional sudah jelas kan ya, batasannya, area yang kita awasi itu 24.270 hektare. Kalau untuk Bogor luasan pengelolaan kami ini 7.000 hektare, dari 7.000 itu ada 121 hektare harus dipulihkan kondisi ekosistemnya. Sebagian besar itu ke arah perbatasan dengan Sukabumi, kalau kawasan Puncak relatif sudah baik, sudah ditangani, sudah kita pulihkan," bebernya.

Sementara itu, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan penanaman pohon di kawasan Puncak, Bogor, merupakan salah satu upaya TNI membantu pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya bencana akibat lingkungan yang rusak.

"Kegiatan hari ini merupakan satu perintah dari Bapak KSAD untuk kami prajurit TNI Polri yang ada di wilayah khususnya Kodim 0621/Kabupaten Bogor, yang dapat menjadi solusi bagaimana mengatasi atau mengurangi dampak dari bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Bogor. Salah satunya dengan cara penghijauan," kata Gan Gan di Megamendung, Bogor, Kamis (31/3).

"Untuk hari ini kami tanam 50.280 pohon yang dilaksanakan serentak di 24 Koramil di Kabupaten Bogor. Target kita 6 Bulan itu 1 juta pohon," tambahnya.

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT