Go Green, BNI Rehabilitasi Hutan Pesisir Anyer & Hulu DAS Citarum

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 27 Mar 2022 14:15 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendorong program kepedulian lingkungan untuk memulihkan kondisi alam. Kali ini, BNI melakukan program rehabilitasi lingkungan kawasan pesisir Pantai Anyer, Banten dan hulu Sungai DAS Citarum, Jawa Barat.

Adapun program yang dilakukan Bank dengan kode saham BBNI ini bekerja sama dengan Yayasan Kita Jaga Alam (KJA). Keduanya melakukan program pengembangan kebun bibit serta penanaman dan perawatan pohon di dua lokasi tersebut.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kita Jaga Alam Letnan Jenderal (Purnawirawan) Doni Monardo yang hadir dalam peresmian acara menjelaskan kerja sama program ini menggunakan mekanisme CSR. Ia merinci program ini berupa pembibitan 100.000 pohon di area Pantai Anyer, pembibitan 200.000 pohon di area hulu DAS Sungai Citarum, biaya kegiatan penanaman, sekaligus biaya kegiatan pemeliharaan pohon.

Dalam kesempatan ini Doni mengatakan bahwa menyiapkan pembibitan pohon di tepi pantai merupakan program kemanusiaan. Sebab, hal ini secara tidak langsung menekan dampak terburuk akibat bencana alam bagi generasi yang akan datang.

"Kami harap program BNI Go Green dapat terus berlangsung guna terus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," kata Doni dalam keterangan tertulis, Minggu (27/3/2022).

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Mucharom yang hadir membuka program Penanaman Pohon di Pantai Anyer menuturkan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam terkadang sangat besar sehingga menimbulkan dampak kepada sektor ekonomi dan perubahan alam itu sendiri.

Oleh karena itu, pihaknya sebagai pionir Green Banking dan agen pembangunan pemerintah yang ditugaskan untuk konstruksi ekonomi berkelanjutan berupaya memperluas kemitraan. Sekaligus mendorong program-program kepedulian sosial yang berbasis lingkungan.

"Kami berharap program hari ini dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi korporasi lain untuk tak hanya fokus pada eksploitasi, tetapi juga pada penjagaan serta kelestarian lingkungan," ungkap Mucharom.

Mucharom menerangkan periode program ini berjalan sejak Maret sampai dengan Desember 2022. Adapun bentuk implementasi program berupa edukasi mengenai rehabilitasi hutan, pembibitan, serta mitigasi bencana bagi para pegawai dan masyarakat.

Selain itu, ada pula program employee volunteer untuk penanaman pohon oleh pegawai BNI bersama KJA.

Sebagai informasi, kegiatan peresmian program ini turut dihadiri pula oleh Dalam acara peresmiannya Deputi dan Direktur Pencegahan Bencana BNPB Jarwansyah.

Simak juga 'RK Laporkan Progres Pemulihan Citarum ke Luhut, Apa Hasilnya?':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)