Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 3,5 Km, Status Siaga

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Mar 2022 12:09 WIB
Gunung Semeru menyemburkan awan panas sejauh 3,5 km. Awan panas itu mengarah ke Curah Kobokan dan Curah Lengkong.
Gunung Semeru (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Gunung Semeru menyemburkan awan panas sejauh 3,5 km tadi pagi. Awan panas mengarah ke Curah Kobokan dan Curah Lengkong.

Dilansir dari detikJatim, peristiwa Gunung Semeru menyemburkan awan panas ini terjadi tadi pagi sekitar pukul 05.35 WIB. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu, dengan tinggi kurang-lebih 1.000 meter di atas puncak gunung.

Peristiwa itu tercatat dalam Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru periode 19 Maret 2022 pukul 00.00-06.00 WIB. Dalam rentang waktu itu, Gunung Semeru mengalami awan panas guguran satu kali, letusan 15 kali, dan guguran satu kali.

"Berdasarkan laporan dari pengamat Gunung Api Semeru, disampaikan tadi pagi pukul 05.35 WIB terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur 3,5 km mengarah ke curah kobokan dan curah lengkong," ujar Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi kepada detikJatim, Sabtu (19/3/2022).

Saat ini, status Gunung Semeru masih level III atau Siaga. Masyarakat diminta tidak beraktivitas di sektor tenggara, di kawasan Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer.

Lebih lanjut, warga juga diimbau mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

Baca selengkapnya di sini.

(drg/hri)