ADVERTISEMENT

Hakim Putuskan Merek Jaguar+Lukisan Mobil Milik Perusahaan di Tangerang

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 15 Mar 2022 14:06 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)

Versi Hence Teh

Hence Teh memberikan jawaban di persidangan, di antaranya:

1. Dengan terdaftarnya merek JAGUAR atas nama Tergugat dalam Daftar umum Merek adalah telah sesuai dengan mekanisme hukum yaitu berupa: Pemeriksaan formalitas, pengumuman, pemeriksaan substantif dan sertifikasi, khususnya dalam pemeriksaan substantif dimana Direktorat Merek melakukan pemeriksaan terhadap permintaan pendaftaran merek yang mengacu pada Pasal 21 Undang-Undang nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.
2. Merek milik Tergugat D002018001812 telah dilakukan usul tolak oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada tanggal 28 Januari 2019 yang selanjutnya telah dilakukan sanggahan oleh Tergugat dengan hasil putusan dari penolakan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis tersebut adalah merek milik Tergugat dalam kelas 30.


3. Untuk menilai unsur ada tidaknya iktikad baik dalam suatu permintaan pendaftaran merek dapat dikualifikasi sebagai pendaftar merek yang beritikad tidak baik apabila permintaan pendaftaran merek tersebut adalah merupakan suatu upaya untuk mencari keuntungan secara tidak fair, secara tidak jujur untuk mencari keuntungan dengan mendaftarkan merek pihak lain yang sudah terkenal atau dikenal masyarakat sehingga dapat menimbulkan kondisi persaingan curang, mengecoh atau menyesatkan konsumen. Dengan demikian apabila Penggugat mendalilkan pendaftaran merek JAGUAR milik Tergugat telah dilandasi dengan itikad tidak baik maka Penggugat harus dapat membuktikan apakah pemakaian merek JAGUAR tersebut memang benar merupakan jiplakan atau tiruan dari merek milik Penggugat sehingga telah menyebabkan kebingungan bagi khalayak ramai khususnya pada konsumen.


(asp/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT