Ketua DPRD Bogor & Wagub DKI Bicara Peran Menwa Membantu Pemerintah

Zefanya Aprilia - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 21:56 WIB
DPRD Kabupaten Bogor
Foto: DPRD Kabupaten Bogor
Jakarta -

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berharap alumni resimen mahasiswa (Menwa) yang tergabung dalam Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) dapat menjadi contoh bagi generasi muda. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri pelantikan pengurus DPP IARMI Jawa Barat dan Pengurus DPK IARMI Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

"Meskipun sudah alumni, beliau-beliau tetap menjaga kedisiplinan dan cinta Tanah Air. Karakter seperti ini harus dijadikan teladan oleh generasi muda, terutama di kalangan mahasiswa," ujar Rudy dalam keterangan tertulis, Rabu (16/2/2022).

Rudy mengatakan kader Menwa masih terlihat gagah di usia yang tidak lagi muda, dan juga masih disiplin dalam hidup berbangsa dan bernegara. Ia kemudian berterima kasih kepada IARMI yang telah berperan aktif merawat kader-kader bangsa yang nasionalis dan terlatih.

Menurutnya, Menwa adalah kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sinhamkamrata).

"Jadi ketika beliau menjalani profesi apakah sebagai aparatur sipil negara, politisi, pengusaha, atau profesi lainnya, mereka jalani dengan sunguh-sungguh dan dengan kedisiplinan yang tinggi karena didasari rasa cinta terhadap tanah air," kata dia.

Maka dari itu, Rudy berharap IARMI secara organisasi turut berperan aktif membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita pembangunan. Apalagi, kata dia, negara sedang membutuhkan bantuan dari semua pihak untuk memulihkan berbagai dampak dari pandemi COVID-19.

"Terutama menanamkan perilaku disiplin sebagai warga negara, dan juga mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dibanding kepentingan pribadi atau golongannya," kata Rudy.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IARMI, Ahmad Riza Patria meminta pengurus DPP IARMI se-Jawa Barat membantu pemerintah daerahnya masing-masing dalam mewujudkan ketahanan nasional. Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan, tugas IARMI salah satunya menciptakan terwujudnya ketahanan nasional yang tangguh sebagai negara-bangsa yang berdaulat.

(prf/ega)