ADVERTISEMENT

Viral 112 Disebut Telat Respons Kebakaran Sedan Sis Zahra, Ini Kata Damkar

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 18:43 WIB
Foto-foto Camry terbakar tewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis Zahra PSI
Foto kondisi Camry usai tabrak separator dan terbakar yang menewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis Zahra. (Rakha Arlyanto Darmawan/detiikcom)
Jakarta -

Video detik-detik kebakaran sedan Camry B-1102-DNY yang menewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Fatimah kader PSI atau Sis Zahra viral di media sosial. Dalam video tersebut, seorang warga mengatakan telah menghubungi call center pemadam kebakaran di 112, tapi tidak ada respons.

"Udah aku hubungi 112 nggak ada, langsung 112 pusat nggak ada yang bergerak, lama prosesnya," kata si perekam video.

Dalam video tersebut, terlihat kobaran api membakar sedan Camry. Warga tidak ada yang berani mendekat karena takut terjadi ledakan.

Camry terbakar yang menewaskan AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis ZahraCamry B-1102-NDY milik Sis Zahra hangus terbakar saat kecelakaan bersama AKP Novandi Arya Kharisma di Senen, Jakpus. (Anggi Muliawati/detikcom)

Penjelasan Damkar Senen

Menanggapi video tersebut, Perwira Piket Pemadam Kebakaran Sektor Senen, Mulandono, mengatakan pihaknya langsung bergegas menuju lokasi. Dia menyebut lokasi kejadian di Jl Raya Senen itu tidak jauh dari posko.

"Kita begitu ada laporan langsung respons, 5-6 menit sampailah. Kita langsung action, karena itu kan dekat juga," kata Mulandono saat dihubungi detikcom, Kamis (10/2/2022).

Mulandono mengatakan pihaknya menerima laporan sedan terbakar itu pada Senin (7/2) pukul 00.30 WIB dan tiba di lokasi kurang-lebih pukul 00.35 WIB. Proses pemadaman berlangsung sekitar 10-15 menit.

"Nggak lama (pemadaman) sampai 10-15 menit. Untuk pemadaman nggak lama, cuma evakuasinya agak lama," katanya.

Simak penjelasan Damkar lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Penampakan Sedan Terbakar yang Tewaskan AKP Novandi dan Sis Zahra':

[Gambas:Video 20detik]



Mulandono mengatakan, saat evakuasi, jenazah korban sudah lengket dengan jok sehingga perlu kehati-hatian agar tidak merusak kondisi jenazah.

"Jadi evakuasi mayat agak lama karena itu kan lengket dengan jok, kita nggak boleh sampai mayat itu berubah gitu, makanya kita hati-hati evakuasinya. Jangan sampai mayat itu berantakan, tetap utuh jadi satu," katanya.

Seperti diketahui, mobil sedan Toyota Camry bernopol B-1102-NDY terbakar setelah menabrak separator busway di Jl Raya Pasar Senen, Jakarta Pusat. Pengemudi dan penumpangnya tewas dalam kecelakaan ini.

Kedua korban tewas itu adalah AKP Novandi Arya Kharisma dan Sis Zahra. Saat kecelakaan terjadi, mobil tersebut dikemudikan oleh Fatimah kader PSI.

Mobil Toyota Camry B-1102-NDY warna hitam yang ditumpangi anak Gubernur Kaltara Zainal Aripin Paliwang, AKP Novandi, adalah milik Sis Zahra.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT