ADVERTISEMENT

Jokowi Bersuara, Sandiaga Tegaskan Lagi Jebakan Karantina Bukan Miskom!

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 21:04 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno (Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kembali menegaskan persoalan isu jebakan karantina untuk turis asing bukan miss komunikasi (miskom). Dia memastikan hal tersebut memang terjadi dan akan ditindak tegas.

"Kita akan bertindak tegas, jadi bukan miskom ini, ini berkali-kali saya garis bawahi, saya dapatkan langsung berita, dan dikonfirmasi banyak sekali yang nyatakan hal yang sama, jadi apa yang dialami ini jangan disederhanakan sebagai sebuah miskom," kata Sandiaga seperti dalam video yang diupload akun Instagram resminya @sandiuno, Selasa (1/2/2022).

Sandiaga memastikan, berdasarkan informasi, jebakan karantina tersebut memang terjadi. Dia menyatakan akan memperbaiki alur pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) tersebut agar menjadi lebih baik.

"Memang terjadi di dalam penanganan pandemi kita, terutama mengenai PPLN, harus kita perbaiki alur nni lebih baik dan sama-sama kita bergandengan jangan saling menyalahkan," ucapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyatakan sektor pariwisata saat ini sudah mulai bangkit kembali. Karena itu, dia menegaskan tidak akan segan menindak tegas pihak-pihak yang merusak hal tersebut.

"Lapangan kerja dan ekonomi di sektor pariwisata kini sudah bangkit kembali. Kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu sudah benar-benar dirasa oleh masyarakat. Jangan dirusak! Kami tidak segan untuk menindak tegas!" ujar Sandiaga.

Simak selengkapnya Jokowi buka suara soal jebakan karantina di halaman berikutnya.

Jokowi Terima Keluhan Permainan Karantina

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah keluhan dari warga asing terkait dugaan permainan karantina. Jokowi meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusut tuntas dugaan permainan karantina itu.

"Saya masih mendengar dan ini saya minta Kapolri untuk mengusut tuntas permainan yang ada di karantina. Sudah, karena saya sudah mendengar dari beberapa orang asing komplain ke saya mengenai ini," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai PPKM secara virtual pada Senin kemarin sebagaimana transkrip arahannya diunggah di situs Setkab, Selasa (1/2/2022).

Jokowi menekankan soal pentingnya disiplin pengetatan di pintu masuk. Dia menegaskan proses karantina harus dijalankan sesuai dengan aturan.

"Disiplin dalam melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk dan pelaksanaan proses karantina yang benar dari luar negeri," ujar Jokowi.

Sandiaga Uno juga sebelumnya menerima aduan ada WN Ukraina merasa dijebak untuk karantika karena hasil positif COVID-19, dan tidak bisa tes ulang di tempat lain.

Dia memastikan pengusutan praktik dugaan jebakan karantina terhadap turis asal Ukraina tetap dilakukan. Sandiaga menegaskan tak akan segan memberi sanksi jika terbukti ada pelanggaran.

"Kami akan terus melakukan tindak lanjut atas peristiwa tersebut dan akan menindak tegas bila peristiwa tersebut terulang lagi," kata Sandiaga kepada detikcom.

"Sampai saat ini akan masih menindaklanjuti kasus yang dialami warga Ukraina tersebut. Dan memang bila ada pelanggaran, tentu ada sanksi tegas sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku di negara ini," imbuhnya.

(maa/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT