ADVERTISEMENT

Kasus Omicron di Indonesia Capai 1.600-an, Ini Kata Menkes

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 14:57 WIB
Kasus Omicron di Indonesia Capai 1.626, Ini Kata Menkes
Kasus Omicron di Indonesia Capai 1.626, Ini Kata Menkes (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kasus Omicron di Indonesia terus bertambah. Tercatat kasus konfirmasi Omicron di Indonesia saat ini telah mencapai 1.626 kasus.

Simak informasi mengenai kasus Omicron di Indonesia yang sudah detikcom rangkum berikut ini.

Kasus Omicron di Indonesia Mencapai 1.626 Kasus: Ini kata Menkes

Melansir dari situs setkab.go.id, Kasus konfirmasi Omicron di Indonesia per hari ini (24/1) telah mencapai 1.626 kasus, terdiri dari 1.019 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan 369 merupakan transmisi lokal. Jika dibandingkan dengan varian Delta, tingkat perawatan di rumah sakit (RS) dan tingkat kematian pasien Omicron relatif lebih rendah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dari total kasus konfirmasi tersebut, sebanyak dua orang meninggal dunia. Selain itu, sekitar 20 orang memerlukan perawatan RS dan oksigen.

Hal tersebut diungkapkan Menkes dalam keterangan persnya usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Senin (24/01/2022), secara virtual.

"Harus terus waspada dan hati-hati karena memang laju penularannya tinggi tapi tidak perlu panik karena memang hospitalisasi dan kematian yang rendah. Kita perlu yang kedua, memastikan bahwa protokol kesehatan tetap dijalankan, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi kerumunan," ujar Menkes.

Kasus Omicron di Indonesia: 2 Pasien Meninggal Dunia

Dilansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, tercatat ada dua kasus konfirmasi Omicron yang meninggal dunia. Kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi.

"Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan satu lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso."ucap juru bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Nadia menambahkan, salah satu pasiennya berusia 64 tahun diketahui belum disuntik vaksin. Sementara itu, satu pasien lainnya merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang memiliki sejumlah penyakit penyerta (komorbid) yang tidak terkendali.

Dua pasien itu sempat menjalani perawatan di RS selama lebih dari dua hari. Kedua pasien tersebut memiliki penyakit komorbid.

Kini telah diketahui kasus Omicron di Indonesia per hari ini (24/1) adalah 1626. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi pencegahannya. Simak di halaman selanjutnya.

Simak juga video 'Omicron Meningkat, Level PPKM di Jakarta Berubah?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT