ADVERTISEMENT

Motor Jokowi di Mandalika dan Gaya Serba Lokal yang Dipakai Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 17:24 WIB
Motor Jokowi di Mandalika merupakan kendaraan custom. Dia juga berhasil mencuri perhatian rakyat dengan jaket yang dikenakan. Seperti apa momennya?
Motor Jokowi di Mandalika dan Gaya Serba Lokal yang Dipakai Jokowi (Foto: Pool/Biro Setpres)
Jakarta -

Motor Jokowi di Mandalika merupakan kendaraan custom. Motor tersebut digunakan oleh Presiden Republik Indonesia untuk menjajal jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika.

Rencananya, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi untuk perhelatan MotoGP 2022. Simak informasi di bawah ini terkait penampilan Presiden Jokowi saat mengunjungi sirkuit tersebut.

Motor Jokowi di Mandalika: Kawasaki W175 Custom

Motor Jokowi di Mandalika adalah Kawasaki W175 custom. Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022), Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, pada Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 09.50 WITA.

Sesampainya di Bandara, Jokowi bersiap untuk mencoba Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 17,36 km, menggunakan motor custom tersebut. Motor Kawasaki W175 yang dikendarai Jokowi berwarna hijau metalik.

Motor Jokowi di Mandalika Dipakai Guna Mengecek Infrastruktur Jalan dan Homestay

Motor Jokowi di Mandalika digunakan untuk mengecek infrastruktur jalan bypass dari bandara menuju sirkuit tersebut. Peninjauan langsung oleh Jokowi ini untuk mengetahui kesiapan penyelenggaraan MotoGP 2022.

"Saya juga tadi mengecek infrastruktur utamanya jalan bypass dari airport menuju ke Mandalika terutama yang berkaitan dengan keindahan, dengan estetika, dengan lanskap tadi juga sudah satu minggu ini dikerjakan dan kelihatan perubahannya. Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu dihantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan, dan saya minta tadi dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan," kata Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

Selain peninjauan jalan bypass dari bandara menuju Mandalika, Jokowi juga meninjau homestay di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Homestay tersebut diharapkan dapat terisi penuh saat acara MotoGP 2022.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah sekarang siap 300 homestay," tambah Jokowi.

Motor Jokowi di Mandalika dan Jaket Buatan Indonesia

Selain motor custom yang menarik perhatian, Jokowi juga mengenakan jaket edisi terbatas yang bertemakan G20 Indonesia. Jaket custom tersebut merupakan buatan produsen lokal asal Bandung, Rabbit and Wheels. Berikut spesifikasi jaket yang dipakai oleh Jokowi saat berkunjung ke Mandalika.

  • Jaket berwarna dominan hitam, dengan sedikit aksen warna hijau tua di bagian lengan dan bahu.
  • Ada tulisan G20 Indonesia 2022 di bagian depan jaket. Selain itu, slogan 'Recover Together, Recover Stronger' tercantum di bagian dada sebelah kiri dan logo produsen jaket di bagian dada sebelah kanan.
  • Logo G20 Indonesia, gunungan dengan motif kawung, terdapat di bagian punggung jaket. Di atasnya, tertulis slogan 'Indonesia Memimpin'.
  • Angka 76 di bagian bawah jaket sebagai tanda usia kemerdekaan RI.

Selain motor Jokowi di Mandalika, Jokowi juga mengenakan jaket khusus. Simak halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Pakai Motor Custom Jokowi Jajal Bypass Bandara-Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



Jaket Jokowi di NTB: Dibuat Satu Khusus untuk Bapak Presiden

Irvan Octria selaku pemilik Rabbit and Wheels mengatakan jaket tersebut hanya dibuat satu, khusus untuk Presiden Jokowi dan jaket yang sama persis tidak bisa dipesan oleh masyarakat umum. Namun, pihaknya sudah menyiapkan jaket yang serupa dengan milik Jokowi apabila ada masyarakat yang menginginkan.

"Kita siapkan yang edisi menyerupai layout (jaket) Bapak, tetapi berbeda desain. Kayak MotoGP, yang dipakai pembalap sama yang fans ada bedanya," ujar Irvan.

Motor Jokowi di Mandalika dan Berbagai Produk Lokal yang Dipakai Jokowi

Motor Jokowi di Mandalika menggunakan plat hitam bertuliskan RI 45. Selain motor dan jaket, berikut sederet produk lokal yang juga digunakan oleh Jokowi saat berkendara dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika.

  • Helm buatan RSV Helmet, produsen asal Bandung.
  • Sarung tangan hasil produksi Bellissimo asal Tangerang.
  • Celana khusus berkendara motor, buatan Continmoto asal Cimahi, Jawa Barat.
  • Sepatu yang merupakan produk Nah Project asal Bandung.
(azl/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT