ADVERTISEMENT

Kesal! Legislator PAN Sindir Kepala BRIN Seperti Ayah Vanessa Angel

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 16:38 WIB
Kepala BRIN (Badan Riset dan Invoasi Nasional) Laksana Tri Handoko
Laksana Tri Handoko (Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris menyindir Kepala Badan Riset Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko. Andi menyebut Handoko seperti ayah almarhumah Vanessa Angel, Doddy Soedrajat. Seperti apa sindirannya?

Sindiran itu diutarakan Andi dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR dengan BRIN, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/022) Andi menghadiri rapat tersebut secara virtual.

Andi awalnya menginterupsi jalannya rapat. Anggota DPR dari Fraksi PAN itu meminta Handoko tidak berpolemik soal peleburan Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman ke BRIN.

"Pak Handoko, tolong Bapak tidak usah berpolemik. Ini saya mengingatkan, seperti Bapak Doddy Soedrajat, bapaknya Vanessa Angel. Bagaimana kalau orang lain membongkar sisi gelap dari Pak Handoko atau BRIN, gitu. Jadi janganlah, Pak," ujar Andi.

Andi lalu mengulas pernyataan Handoko yang menyebut LBM Eijkman tidak berkontribusi apa-apa kepada negara. Anggota DPR dapil Sulawesi Selatan II meminta Handoko tidak menyampaikan pernyataan yang bisa memicu kegaduhan.

"Belum lagi statement Bapak, '(Eijkman) 50 tahun peneliti tidak ada hasilnya'. Lho, selama ini Bapak sebagai Kepala LIPI ngapain aja," ucap Andi.

"Jadi, nggak usah bikin statement-statement yang justru membuat nama Bapak sendiri terpuruk, konyol, seperti Doddy Soedrajat, bapaknya Vanessa Angel," imbuhnya.

Andi Yuliani ParisAndi Yuliani Paris (Dok. MPR)

Di akhir interupsinya, Andi mengingatkan Handoko tak lagi mengeluarkan pernyataan yang justru memperkeruh polemik peleburan Eijkman ke BRIN.

"Selama menunggu rapat dengan Lembaga Eijkman, Bapak setop memberikan komentar-komentar negatif terhadap anak buah dan mantan anak buah Bapak sendiri. Demikian," kata dia.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Berkas Kasus Kecelakaan Vanessa Angel Sudah P21, Apa Kata H. Faisal?

[Gambas:Video 20detik]



Komisi VII DPR Hentikan Rapat

Pimpinan dan anggota Komisi VII DPR sepakat menghentikan rapat bersama BRIN. Rapat dihentikan karena mantan pimpinan Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman tidak dapat hadir dalam rapat.

Rapat sedianya digelar di ruang rapat Komisi VII DPR hari ini. Pantauan detikcom di lokasi, pukul 13.35 WIB, awalnya anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Gerindra Kardaya Warnika menanyakan perihal kehadiran mantan Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio.

"Menyangkut masalah lembaga Eijkman, pertanyaannya, mantan pimpinan Eijkman-nya dihadirkan nggak? Supaya kita tahu. Jangan sampai, kita bicarakan tetapi pembicaraan kita tidak membumi," ujar Kardaya dalam rapat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno, selaku pimpinan rapat, kemudian memutuskan menunda dan mengatur ulang jadwal rapat. Adapun agenda rapat tersebut guna membahas permasalahan integrasi LBM Eijkman ke BRIN.

"Oleh karena itu, dengan persetujuan anggota kita tunda. Untuk tanggalnya kita tentukan kemudian. Demikian saya nyatakan rapat ini ditutup," ujar Eddy menutup rapat.

(fca/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT