Ormas Usul Olo Panggabean Jadi Nama Jalan, Anggota DPRD Medan: Ikuti Aturan

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 18:56 WIB
DPRD Kota Medan (Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
DPRD Kota Medan (Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
Medan -

Anggota DPRD Medan dari Fraksi PKS Rudiawan menyoroti ormas yang meminta Olo Panggabean dijadikan nama jalan menggantikan Jalan Sekip. Rudiawan meminta semua pihak mengikuti aturan.

"Ikuti prosedurnya dan aturan-aturan yang sudah tertulis," kata Rudiawan kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Meski demikian, Rudiawan mengaku tidak bisa menyatakan sepakat atau tidak sepakat. Dia menyebut siapa saja memang berhak memberi usul soal nama jalan.

"Saya tidak bisa menyatakan sepakat atau tidak sepakat. Siapa saja boleh mengusulkan nama-nama jalan di Kota Medan," ucapnya.

Rudiawan mengaku tidak terlalu mengenal Olo Panggabean. Dia menyebut siapa saja memang bisa mengusulkan nama jalan ke Pemko Medan, tapi harus ikut aturan.

"Saya tidak begitu mengenal Olo Panggabean. Iya, siapa saja bebas mengusulkan nama-nama jalan di Kota Medan dengan mengikuti peraturan yang berlaku," ucap Rudiawan.

Sebelumnya, ada organisasi kemasyarakatan yang mendatangi kantor DPRD Medan meminta agar nama Olo Panggabean dijadikan nama jalan di Medan. Nama Olo Panggabean diminta menggantikan nama Jalan Sekip.

"Iya, aspirasi masyarakat dan ormas," kata anggota Komisi IV DPRD Medan Hendra DS saat dimintai konfirmasi soal adanya usulan agar nama Olo Panggabean menjadi nama jalan di Medan, Rabu (8/12).

Pemko Medan juga telah buka suara. Pemko bakal mengkaji usulan dari ormas soal nama Olo Panggabean menggantikan Jalan Sekip.

"Untuk proses penetapan maupun perubahan nama jalan, tentu terlebih dahulu melalui kajian dari berbagai aspek sosial kemasyarakatan, perencanaan pemanfaatan jalan dimaksud ke depannya, serta kewenangan pemerintahan atas jalan dimaksud, sebelum menjadi usulan yang memungkinkan untuk dibahas di tingkat pemerintah kota," ujar Kabag Hukum Kota Medan Laksamana Putra Siregar.

Olo Panggabean merupakan tokoh pendiri organisasi Ikatan Pemuda Karya (IPK). Olo Panggabean meninggal pada 2009. Semasa hidup, dia dikenal sebagai pengusaha dan sosok kontroversial.

(dhm/haf)