Perampok Spesialis Pecah Kaca Mobil Antarprovinsi Ditangkap di Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 16:34 WIB
2 pria spesialis congkel jok motor dan pecah kaca mobil ditangkap di Bali.
Dua pria spesialis congkel jok motor dan pecah kaca mobil ditangkap di Bali. (Sui Suadnyana/detikcom)
Denpasar -

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bali meringkus dua perampok spesialis mencongkel jok motor dan memecahkan kaca mobil di sejumlah daerah. Kedua pria itu bernama Indra Jaya (49) dan Muhammad Ropi (33).

Kedua pria ini ditangkap lantaran mencongkel sepeda motor dan menggasak uang tunai Rp 32 juta di Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali. Korbannya bernama Sang Nyoman Dinayasa (56) selaku Kelian (Ketua) Subak Bumbungan, Kabupaten Klungkung.

"IJ dan MR ini spesialis mengikuti nasabah, begitu ada nasabah yang bertransaksi di bank, dia ikuti, saat lengah dia ambil. Kebetulan saat ditangkap Polres Klungkung dan Polda Bali, itu ditaruh uangnya di jok motor. Jadi orang habis ke BPD, ambil uang sebanyak Rp 32 juta," kata Direskrimum Polda Bali Kombes Ary Satryan, Kamis (9/12/2021).

Ary menjelaskan, pada Jumat (3/12) sekitar pukul 10.00 Wita, korban mengambil dana Subak Bumbungan ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali Cabang Klungkung. Setelah selesai mengambil uang, korban keluar menuju parkiran.

Tiba di parkiran, uang tersebut dimasukkan ke jok sepeda motor yang dikendarai korban. Sebelum pulang, korban sempat mampir di apotek di Jalan Flamboyan, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, guna membeli obat.

Korban juga pergi ke Pasar Galiran, Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung. Setelah memarkirkan sepeda motornya, korban masuk ke pasar untuk berbelanja.

Berselang kurang-lebih 20 menit, korban pun selesai berbelanja. Ia kemudian mengambil sepeda motor dan pulang ke rumahnya di Desa Bumbungan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Sesampai di rumah, korban membuka jok sepeda motor untuk mengambil uang yang disimpan. Namun saat hendak membuka jok, kunci jok sepeda motor sudah rusak dan uang yang tersimpan sudah hilang.

Korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Klungkung. Polisi meregistrasi laporan tersebut dengan nomor LP/B/172/XII/2021/SPKT/Polres Klungkung Polda Bali.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Klungkung melakukan penyelidikan serta menganalisis hasil rekaman closed-circuit television (CCTV) Bank BPD Bali Cabang Klungkung, CCTV di sepanjang Jalan Flamboyan Klungkung, serta hasil rekaman CCTV di Pasar Galiran Klungkung.

"Dari hasil analisa CCTV didapatkan ada 2 orang laki-laki yang mengendarai sepeda motor Yamaha Xeon warna putih yang mengikuti korban mulai dari Bank BPD Cabang Klungkung sampai di Pasar Galiran Klungkung," terang Ary.

Selanjutnya >>>