Banjir Rendam Permukiman di 2 Kabupaten di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 16:11 WIB
Banjir di Aceh (dok. BPBD Aceh)
Banjir di Aceh (Dok. BPBD Aceh)
Banda Aceh -

Tujuh desa di dua kabupaten di Aceh direndam banjir. Banjir menyebabkan tersebut merendam ratusan rumah warga.

Banjir di Kabupaten Aceh Timur merendam enam desa di Kecamatan Sungai, yakni Desa Bukit Selamat, Paya Ketapang, Sungai Simpang, Seneubok Pase, Buket Drin, serta Kreung Lingka. Banjir tersebut menggenangi pemukiman penduduk sejak siang tadi.

"Hujan deras yang mengguyur daerah tersebut menyebabkan banjir di enam desa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Ilyas mengatakan jumlah warga terdampak banjir di sana berjumlah 40 kepala keluarga (KK) di Desa Bukit Selamat, 30 KK di Paya Ketapang, 20 KK di Sungai Simpang, 30 KK di Senebok Pase, 30 KK di Buket Drin, serta 10 KK di Krung Lingka. Petugas BPBD Aceh Timur masih mendata dampak banjir tersebut.

Menurutnya, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir luapan tersebut. Dia menyebut banjir masih merendam rumah warga.

"Debit air masih terus meningkat dikarenakan bersamaan dengan pasang laut," jelas Ilyas.

Sementara di Sabang, banjir merendam Desa Keunekai di Kecamatan Sukakarya. Banjir di sana menyebabkan 40 warga terdampak sebagian di antaranya memilih mengungsi.

"Jumlah warga yang mengungsi 10 jiwa, dua di antaranya bayi dan dua balita," ujar Ilyas.

Petugas BPBD Sabang disebut telah meluncur ke lokasi untuk membantu warga membersihkan dampak banjir. Petugas masih mendata kerusakan akibat banjir tersebut.

"Air sudah berangsur surut di Sabang," jelas Ilyas.

(agse/haf)