Kapolri: Buku 'Bhayangkara Sejati' Renungan Polri Jadi Lebih Baik

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:53 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi terbitnya Persatuan Purnawirawan (PP) Polri yang berjudul Bhayangkari Sejati Mengabdi Tanpa Henti. (Dok. Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi terbitnya Persatuan Purnawirawan (PP) Polri yang berjudul 'Bhayangkari Sejati Mengabdi Tanpa Henti'. (Dok. Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi terbitnya Persatuan Purnawirawan (PP) Polri yang berjudul 'Bhayangkari Sejati Mengabdi Tanpa Henti'. Buku ini nantinya akan jadi bahan renungan Polri untuk menjadi lebih baik.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hadir dalam acara launching buku ini di Gedung Tri Brata, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021). Dalam kesempatan ini, Sigit menyampaikan terima kasih atas dukungan para Purnawirawan Polri yang selama ini telah mendukung langkah Polri tetap berjalan dengan baik.

"Terima kasih atas seluruh dukungan dan support kepada kami selaku junior yang saat ini diberikan kepercayaan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan sebagai kepala kepolisian sehingga kami dapat berjalan di tengah situasi yang serba sulit, namun kami berupaya terus eksis dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Sigit dalam sambutannya.

Sigit pun menegaskan tak meragukan komitmen PP Polri mendukung Polri dalam memelihara citra dan pelaksanaan tugas, fungsi, dan peranan Polri. PP Polri, kata Sigit, selalu ada untuk Polri.

"PP Polri tetap eksis berpartisipasi dan berkontribusi dalam mendukung program pembangunan nasional, berkontribusi, dan berperan aktif membangun Indonesia menuju Indonesia tumbuh dan peran senior-senior kami untuk institusi menunjukkan bahwa PP Polri selalu ada," ujarnya.

Terkait dengan peluncuran buku, mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan bahwa banyak hal yang bisa didapatkan dari isi buku tersebut. Salah satunya merenungkan masa depan Polri agar menjadi organisasi yang semakin baik dan diharapkan oleh masyarakat.

"Buku ini merupakan remembered history dan lesson learned bagi kami dalam perjalanan Polri di masa kini dan yang akan datang," ujarnya.

Di dalam buku ini, kata Sigit, banyak sekali karya monumental dari tokoh legendaris para purnawirawan dan pahlawan Polri. Buku ini menjadi warisan berharga bagi anggota Polri untuk bisa menjadi teladan dari segi pemikiran dan gagasan.

Jenderal Sigit mengibaratkan PP Polri dengan Polri layaknya keluarga sebagai orang tua-anak dan kakak-adik. Dia berharap bisa menjadi institusi yang tetap eksis, dipercaya, dan dekat dengan masyarakat.

"Kami juga berharap mampu melakukan penegakan hukum secara profesional dan memberikan rasa keadilan di masyarakat," ujarnya.