Kala Warga Korban Banjir Maknai Jokowi ke Sintang Jadi Pelipur Lara

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 05:42 WIB
Presiden Jokowi meninjau geobag dan geotub penahan banjir di Kelurahan Ladang, Sintang Kalbar bekas lokasi terdampak terendam banjir akibat meluapnya Sungai Kapuas. (8/12/2021).
Foto: Agus Suparto/Biro Pers Istana
Jakarta -

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini berlanjut ke Sintang, Kalimantan Barat. Jokowi meninjau lokasi terdampak banjir.

Sebelum kunjungan ke Sintang, Jokowi sudah memberikan sejumlah bantuan kepada korban banjir di daerah tersebut. Gubernur Kalbar Sutarmidji berterima kasih atas bantuan Presiden.

Kembali ke rencana kunjungan langsung Jokowi ke Sintang, adalah Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, yang membenarkan informasi tersebut saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/12/2021). "Betul," ujar Heru.

Heru memerinci kegiatan Jokowi di Sintang yang berkaitan banjir beberapa waktu lalu. Saat itu Heru menyebut Jokowi akan melihat area yang bakal direvitalisasi.

Presiden Jokowi meninjau pembangunan geotube atau tanggul penahan banjir di Sintang, Kalbar.Presiden Jokowi meninjau pembangunan geotube atau tanggul penahan banjir di Sintang, Kalbar. Foto: Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden

"Melihat area yang akan direvitalisasi antara lain jembatan akan diperbaiki, membuat seperti tanggul, dan tanam pohon," ujar Heru.

Jokowi di Sintang

Presiden Jokowi meninjau pembangunan geotube di Sintang, Kalbar. Kunjungan ini disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (8/12/2021).

Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta perusahaan swasta besar di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), menghijaukan kembali daerah aliran sungai (DAS) Kapuas dan Melawi. Permintaan yang sama dilontarkan juga oleh Jokowi kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK).

Selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video 'Jokowi Cek Tanggul di Sintang Kalbar untuk Mengatasi Banjir':

[Gambas:Video 20detik]