detikcom Do Your Magic

Katanya Kuat Tahan Truk Kontainer, Kok Sumur Resapan Jebol Dilindas Mobil?

Danu Damarjati, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 23:53 WIB
Kadis SDA DKI Yusmada Faizal
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Yusmada Faisal (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faisal menjelaskan jebolnya sumur resapan di Lebak Bulus dan membuat mobil terperosok. Padahal, salah satu kontraktor di tempat lain berujar sumur resapan mampu menahan beban truk kontainer. Kenapa sumur resapan yang di Lebak Bulus bisa jebol dilintasi mobil?

"Sumur resapan modular itu masih dalam kondisi belum selesai. Sudah dirundingkan dengan warga, malam ini sedang ditangani," kata Yusmada kepada detikcom, Rabu (8/12/2021).

Lokasi sumur resapan, atau lebih tepatnya bak kolam resapan modular, yang membuat mobil terperosok itu ada di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus Jakarta Selatan.

"Sumur resapan di jalan itu harus kuat menahan beban. Itu jebol karena betonnya baru berusia tiga hari, begitu menurut vendornya (kontraktor)," kata Yusmada.

Dia menjelaskan sumur resapan itu masih belum selesai dikerjakan, namun ternyata dilindas mobil. Jebol jadinya. Dia meminta tanggung jawab kontraktor penggarap.

"Ini kan dalam masa konstruksi. Bila ada yang kurang sempurna, itu masih dalam tanggung jawab mereka. Kita mengawal," kata Yusmada.

Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)

Kontraktor proyek sumur resapan di sini berasal dari Arvirotech Group. Project Manager, Dedi Charles, menjelaskan kepada detikcom di lokasi bahwa pihaknya memang salah karena tidak memasang tanda di proyek sehingga dilewati oleh mobil. Mereka mengaku salah. Namun, mereka menjelaskan, garapan sumur resapan bisa kuat dilalui truk asalkan sudah berusia 14 hari.

"Pagar itu kan sudah kita singkirin. Sementara di pihak kami memang mengakui salah, karena nggak ada pelang imbauan," kata Dedi Charles di lokasi.

Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)

Kontraktor sumur resapan yang lain, yakni PT Jaya Beton, menjelaskan bahwa sumur resapan garapan mereka bakal bisa kuat menahan beban 30 ton.

"Kuat lah untuk beban truk atau yang lainnya. Spesifikasi hevy duty. Bisa menahan beban 30 ton, kuat menahan kontainer. Seperti di Cilandak, Jl Karang Tengah, Jl Lebak Bulus III," kata Site Manager PT Jaya Beton, Jody Pradikta, saat diwawancarai wartawan di MIN 9, Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Simak video 'Begini Kondisi Sumur Resapan di Lebak Bulus Saat Diguyur Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)