TransJakarta Bakal Reorganisasi Internal Buntut Rentetan Kecelakaan Bus

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 20:56 WIB
Bus Transjakarta menabrak separator busway di daerah Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Kecelakaan itu mengakibatkan bagian depan bus Transjakarta rusak.
Kecelakaan bus TransJakarta (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

TransJakarta akan melakukan reorganisasi internal. Hal itu dilakukan seusai insiden kecelakaan bus yang terjadi secara berturut-turut.

"Reorganisasi TransJakarta satu hal yang barangkali akan kita lakukan," kata Dirut TransJakarta Muhammad Yana Aditya saat jumpa pers di kantornya, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021).

Menurut Yana, reorganisasi di internal TransJakarta sedang berproses. "Kita sedang proses ke sana," ujarnya.

Seperti diketahui, bus TransJakarta menabrak seorang pejalan kaki berinisial RH di Jalan Raya Taman Marga Satwa Raya, Jakarta Selatan (Jaksel). Pejalan kaki tersebut tewas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan peristiwa itu terjadi pada Senin (6/12), sekitar pukul 21.50 WIB. Lokasi kejadian tepatnya di dekat SMK 57 arah Mampang Prapatan.

Kecelakaan bus TransJakarta di daerah Jakarta Selatan pada Senin (6/11) malam ini menambah deretan kasus kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta dalam sepekan terakhir. Rentetan kecelakaan itu dimulai dengan kasus bus TransJakarta yang menabrak pos lantas di PGC, Cililitan, Jakarta Timur, pada Kamis (2/12).

Sehari berselang, bus TransJakarta kemudian menabrak separator jalan di Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Beton-beton separator di lokasi hancur akibat ditabrak oleh bus.

Hari Senin (6/11), tercatat ada tiga kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta. Kecelakaan pertama terjadi di daerah Pramuka, Jakarta Timur, pukul 04.50 WIB. Saat itu bus TransJakarta menabrak separator akibat menghindar saat sebuah truk mixer memotong jalan secara tiba-tiba.

Kecelakaan berikutnya terjadi di daerah Puri Beta 2, Ciledug, Kota Tangerang, yaitu bus TransJakarta menabrak tembok. Kemudian, malam harinya, bus TransJakarta menabrak seorang pejalan kaki di Jalan Raya Taman Marga Satwa Raya, Jakarta Selatan, hingga korban meninggal dunia di lokasi.

(dek/fas)