Kontraktor Jamin Sumur Resapan yang Diaspal Kuat Tahan Truk Kontainer

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 18:43 WIB
Salah satu proyek sumur resapan Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (M Hanafi Aryan/detikcom)
Salah satu proyek sumur resapan Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (M Hanafi Aryan/detikcom)
Jakarta -

Pengerjaan sumur resapan di Jakarta Selatan menjadi sorotan. Sebagian sumur resapan malah merusak permukaan jalan dan kini diaspal. Pihak kontraktor menjamin kekuatan sumur resapan mampu menahan beban berat.

Di Jl Lebak Bulus III, sumur resapan sempat mendapat sorotan karena merusak jalan, kemudian diaspal dan akhirnya dilubangi untuk jalan air.

"Kuat lah untuk beban truk atau yang lainnya. Spesifikasi heavy duty. Bisa menahan beban 30 ton, kuat menahan kontainer. Seperti di Cilandak, Jl Karang Tengah, Jl Lebak Bulus III," kata Site Manager PT Jaya Beton, Jody Pradikta, saat diwawancarai wartawan di MIN 9, Kelurahan Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021).

Pada lokasi-lokasi tertentu, sumur resapan terpantau sempat ambles. Menurutnya, itu karena tanah di bawah sumur resapan belum padat betul. Kondisi ini pernah terpantau di Jl Karang Tengah.

"Kalau posisi ambles, artinya tanah yang ada di bawah sumur resapan itu belum settle, dengan beban segitu, daya dukung tanahnya belum tercapai sampai beban sekian," kata Jody Pradikta.

Untuk lokasi-lokasi jalan raya di badan jalan, PT Jaya Beton selaku kontraktor menggunakan spesifikasi beton K500. Artinya, menurut dia, dalam 1 cm persegi itu kuat untuk menahan beban 500 kg.

Jody juga menjelaskan bahwa pengaspalan tersebut tidak akan mengurangi performa dari sumur resapan. Dia menegaskan bahwa fungsinya akan tetap sama.

"(Pengaspalan) tidak akan mengurangi performa. Tidak sama sekali. Itu fungsi masih sama, karena kita ketinggian aspal itu sama rata. Arahnya pun ke sumur resapan. Air pasti akan masuk ke sumur resapan," imbuhnya.

Selanjutnya, target sepekan ini selesai.